Review: Moto G, Smartphone Canggih Dengan Banderol Terjangkau

CiriCara Tekno – Setelah diperkenalkan pada akhir tahun lalu dan telah dirilis di beberapa negara dan mendapatkan respon positif, Moto G kini hadir di Indonesia dan optimis mendapatkan kesuksesan. Motorola membanderol ponsel ini dengan harga cukup terjangkau, yakni di kisaran 2 jutaan. Moto G diklaim dapat memberikan pengalaman smartphone premium sehingga dapat menjawab kebutuhan pengguna yang menginginkan ponsel canggih dengan harga lebih murah.

Seperti apa kemampuan dan keunggulan ponsel ini? Berikut ulasannya.

Desain dan Display

Moto G memiliki dimensi 129.9 x 65.9 x 11.6 mm dengan berat 143 gram. Tak hanya itu, Motorola juga memberikan tujuh warna pilihan untuk mengganti casing dengan warna Hitam, Chalk, Cherry, Violet, Royal Blue, Turqoise dan Lemon Lime serta flip shell dengan pilihan warna menarik.

Panel display menggunakan teknologi IPS capacitive touchscreen seluas 4.5 inci (720×1280 pixel) dengan kerapatan 326 ppi dan terdiri dari 16 juta warna. Tampilan edge-to-edge miliknya membuat pengguna dapat menikmati video, foto dan film dengan lebih berkualitas. Tak lupa, lapisan anti-gores Corning Gorilla Glass 3 sudah tersemat di atas layar.

Kamera

Sektor kamera menggunakan lensa bersensor 5 MP (2592×1944 pixel) dengan LED flash, autofocus, geo-tagging, burst mode, touch focus, face detecton, HDR, panorama, digital zoom dan lainnya. Kemampuan merekam vdeonya beresolusi HD (720p@30fps). Sementara di bagian muka terdapat kamera sekunder sebesar 1.3 MP untuk aktifitas seperti foto selfie atau video call.

Fitur

Kebutuhan multimedia dapat dipenuhi oleh music/video player dan radio FM. Tersedia juga fitur GPS dengan dukungan A-GPS dan GLONASS sehingga pencarian lokasi semakin mudah dilakukan. Karena menggunakan platform Android, di dalam ponsel terdapat fitur bawaan Google seperti Gmail, GTalk, Chrome, Maps, Google Search dan Youtube.

Konektifitas

Aktifitas online seperti browsing, chatting, download atau social media lewat smartphone ini bisa dilakukan via jalur 3G HSPA. Namun pengguna juga masih bisa memanfaatkan konektifitas lokal seperti WiFi, Bluetooth dan microUSB.

Hardware, Prosesor dan OS

Proseor quad-core berkecepatan 1.2 GHz dengan chipset Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400 dan RAM 1 GB sudah ditanamkan pada dapur pacu. Prosesor grafisnya menggunakan Adreno 305. OS yang dibenamkan juga cukup anyar dengan Android 4.4 KitKat.

Moto G dibagi menjadi dua kategori, yaitu dengan memori internal sebesar 8 GB atau 16 GB tanpa slot external. Jika masih terasa kurang, tersedia kapasitas penyimpanan 50 GB di Google Drive gratis selama dua tahun. Di dalam ponsel sudah tertanam baterai Li-Ion non-removable sebesar 2070 mAh sebagai penunjang daya.

Kesimpulan

Sekilas Moto G menampilkan fitur standar untuk ponsel kelas menengah. Namun spesifikasi yang ditawarkan terbilang cukup lengkap dengan kemampuan yang setara dengan ponsel premium. Apalagi casing juga dapat diganti dengan berwarna-warni untuk mengatasi kebosanan pada warna smartphone yang itu-itu saja.

About the author /


Related Articles

Post your comments