Review: Oppo Find 7

Oppo-Find-7

CiriCara Tekno – Oppo Find 7 merupakan varian smartphone kelas premium yang dirilis pada quartal kedua tahun ini. Ponsel pintar ini pun dipredikisi akan menjadi pesaing ponsel premium lainnya seperti Samsung Galaxy S5, iPhone 6, Sony Xperia Z2, HTC One M8 atau LG G3.

Selain kamera tangguh, Oppo Find 7 juga dibekali oleh chipset terbaru dari Qualcomm. Lalu, apa lagi kemampuan yang ditawarkan oleh smartphone asal negeri tirai bambu ini? Simak ulasan berikut.

Desain dan Display

Smartphone ini memiliki dimensi 152.6 x 75 x 9.2 mm dengan bobot mencapai 171 gram. Untuk panel display sendiri, Find 7 menggunakan teknologi IPS capacitive touchscreen seluas 5.5 inci dengan resolusi Quad HD (2560×1440 pixel), kepdatan 534 ppi dan ketajaman 16 juta warna. Karena layarnya yang sudah diatas 5 inci, ponsel ini bisa dikategorikan sebagai phablet. Lapisan anti gores Corning Gorilla Glass 3 juga sudah tersemat diatas layar. Sementara untuk interface, Oppo menggunakan ColorOS UI.

Kamera dan Video

Fitur pengabadi gambar dari Find 7 bisa dikatakan sangat tangguh. Kamera utama menggunakan lensa optikal dengan sensor 13 MP (4128×3096 ppi) yang dilengkapi sensor Sony EXMOR IMX 214 sehingga mampu menampilkan gambar setara kamera 50 MP. Belum lagi fitur seperti dual-LED flash, autofocus, geo-tagging, touch focus, face detection, panorama dan HDR. Kemampuan merekam videonnya terdiri dari tiga resolusi, yakni 2160p@30fps, 1080p@60fps dan 720p@120fps. Di atas layar, ada kamera sekunder dengan resolusi 5 MP.

Konektifitas

Untuk berselancar di dunia maya, handset ini dapat berjalan di jalur 3G HSPA+ dan 4G LTE untuk memperlancar aktivitas seperti browsing, chatting, atau mengunduh file. Konektifitas lokal seperti Bluetooth, WiFi dan NFC juga sudah tersemat didalamnya. Ada juga fitur USB On The Go yang semakin memudahkan perpindahan data dari smartphone ke perangkat lain via slot microUSB.

Performa

Oppo Find 7 masih menggunakan OS Android 4.3 Jelly Bean. Performanya juga ditunjang oleh chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 dengan prosesor quad-core 2.5 GHz dan RAM 3 GB. Prosesor grafis didukung oleh Adreno 330. Dengan ‘jeroan’ canggih tersebut, aktifitas berat seperti bermain game HD atau melakukan multitasking mampu dilakukan dengan lancar.

Media penyimpanan ponsel ini sangat lapang. Selain internal storage sebesar 32 GB, masih ada pilihan slot microSD hingga 128 GB. Sektor baterai menggunakan daya sebesar 3000 mAh. Yang menarik, Oppo menyertakan fitur Rapid Charging yang memungkinkan pengguna untuk mengisi daya baterai dalam waktu singkat. Dengan mencharge selama 30 menit, pengisian sudah mencapai 75%.

Kesimpulan

Tak diragukan lagi, Oppo Find 7 merupakan smartphone ‘wahid’ dengan segudang kelebihan. Selain kamera utamanya yang sangat tangguh, kamera depan juga memiliki resolusi yang cukup besar sehingga memudahkan Anda yang suka berfoto sefie. Belum lagi layar berkualitas QHD, prosesor mumpuni serta kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Jangan lupa, masih ada Rapid Share yang mampu mempercepat waktu pengisian baterai sehingga menjadi nilai lebih ponsel ini.

About the author /


Related Articles

Post your comments