Review: Oppo Find 7a

CiriCara Tekno – Meski belum lama berkecimpung dalam industri smartphone, nama Oppo sudah cukup diperhitungkan. Produsen asal Tiongkok ini bermain di pasar mid dan high-end yang mengedepankan produk inovatif namun dengan banderol terjangkau. Belum lama ini Oppo telah merilis Find 7a yang merupakan versi standar dari Find 7. Seperti apa performa dan kemampuan smartphone high-end ini? Simak review berikut.

Desain

Tampilan Oppo Find 7a tak jauh berbeda dengan Find 7. Dimensinya 152.6 x 75 x 9.2 mm dengan berat 170 gram. Material yang digunakan adalah plastik berkualitas yang terasa kokoh dan premium dengan desain unibodi berbentuk persegi panjang dan lengkungan di bagian bawah dan juga backcover. Di sisi kanan terdapat tombol pengatur volume dan di bagian kiri tersemat tombol daya. Port audio jack dapat ditemukan di bagian atas, sementara port microUSB akan dijumpai di bagian bawah.

Layar dan Interface

Jika Find 7 menggunakan layar Quad HD, Find 7a mengusung layar IPS capacitive touchscreen seluas 5.5 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel), kerapatan 401 ppi dan kedalaman 16 juta warna. Tak hanya itu, layar ponsel juga sudah dilapisi dengan teknologi anti-gores Corning Gorilla Glass 3.

Oppo memiliki user interface bernama ColorOS yang memiliki tampilan yang berbeda dibanding UI Android dari Google atau pada vendor lain. Ikon yang ditampilkan berukuran besar dan cukup sederhana dengan kemudahan dalam kustomisasi. Kemudian ada fitur gesture dan motion yang memungkinkan pengguna membuka aplikasi cukup dengan coretan jari tertentu yang sudah diatur sebelumnya.

Kamera

Ponsel ini mengusung kamera bersensor 13 MP (4128 x 3096 pixel) lengkap dengan autofocus dan dual LED flash. Selain ada ada fitur Ultra HD yang mampu menjepret hasil bidikan dengan resolusi hingga 50 MP. Dalam kamera juga terdapat fitur standar ponsel Android high-end seperti geo-tagging, touch focus, face detection, panorama dan HDR. Untuk perekam video, Find 7a dapat merekam gambar bergerak sampai resolusi 4K (2160@30fps).

Kamera sekunder beresolusi 5 MP juga sudah disematkan di bagian depan untuk mengakomodasi kebtuhan video call atau foto selfie. Kamera ini memiliki fitur default bernama beutify yang bisa mempermak wajah pengguna pada foto sehingga terlihat lebih halus. Namun jika pengguna merasa tak nyaman, fitur ini bisa dinonaktifkan.

Konektifitas

Di sektor konektifitas, Oppo Find 7a dibekali dengan kemampuan menjangkau jaringan 3G HSPA dan 4G LTE. Selebihnya terdapat fitur standar sebagai konektifitas lokal seperti WiFi, Bluetooth, NFC dan microUSB untuk berbagi data atau file dengan perangkat lain.

Hardware, Prosesor dan OS

Oppo mempersenjatai handset ini dengan chipet Qualcomm MSM8974AB Snapdragon 801 dengan prosesor quad-core berkecepatan 2.3 GHz san RAM 2 GB sebagai dapur pacu. Prosesor grafisnya pun juga ditunjang oleh Adreno 330. Aktifitas seperti membuka aplikasi, game, browsing atau melakukan perpindahan antarlayar pun terasa lancar dan tanpa kendala.

Sementara OS yang digunakan adalah Android 4.3 Jelly Bean. Kapasitas internal storage sebesar 16 GB yang bisa diekspansi dengan slot microSD hingga 128 GB. Sebagai sumber daya, Oppo menanamkan baterai Li-Po dengan kapasitas 2800 mAh. Tersedia juga fitur VOOC Rapid Charge dimana isi ulang baterai sampai kondisi penuh bisa dilakukan jauh lebih cepat dibanding smartphone kebanyakan.

Kesimpulan

Oppo Fnd 7a adalah smartphone high-end yang diciptakan dengan serius. Desainnya terlihat berkelas dan tidak murahan, perform cukup mumpuni dengan layar besar, kamera tangguh dan ruang penyimpanan yang lapang. Fitur isi ulang baterai juga menjadi killer feature yang menadi nilai tambah. Kelemahan ponsel ini mungkin hanya berada di tampilan Color OS yang terlalu sederhana dan kustomisasinya yang masih ‘sederhana’ dibanding produk kompetitor.

About the author /


Related Articles

Post your comments