Review: Samsung Galaxy Tab 3 Lite, Versi Ekonomis Dari Tab 3 7.0

CiriCara Tekno – Pada beberapa produknya, Samsung memiliki varian baru dari produk yang sudah ada seperti PRO yang menjadi versi premium dengan peningkatan performa atau Lite sebagai label untuk produk yang lebih ekonomis dengan pengurangan di sejumlah sektor. Kali ini, Samsung menawarkan Tab 3 Lite yang merupakan versi ringkas dari Tab generasi ketiga varian 7 inci. Harganya yang dipangkas tentu mengakibatkan pemangkasan fitur. Lantas, masih layakkah tablet versi murah ini untuk dibawa pulang? Simak ulasannya.

Desain

Meski membawa embel-embel ‘Lite’, tablet ini secara fisik malah lebih bongsor dibanding Tab 3 7.0. Dimensinya 193.4 x 116 x 9.7 mm dengan berat 322 gram. Lapisan bazel mengelilingi tablet dengan finishing yang lebih orisinil dan backcover bertekstur mirip kulit. Kontrol utama masih mengandalkan 3 tombol dengan kombinasi tombol fisik home serta tombol kapasitif menu dan back. Di sebelah kanan terdapat tombol power/lock dan tombol pengatur volume. Sementara di sisi seberangnya ditempatkan slot SIM card dan slot microSD. Port microUSB dan audio jack 3.5 mm dapat ditemukan di sisi atas tablet.

Display dan UI

Tab 3 Lite menggunakan panel layar yang serupa dengan Tab 3 7.0, yakni TFT LD capacitive touchscreen dengan bentang diagonal 7 inci (600×1024 pixel), kepadatan 170 ppi dan ketajaman 16 juta warna. Tablet ini tidak disertakan fitur Ambient Light Sensor yang mendeteksi cahaya sekitar tablet dan fitur Auto Brightness sehingga pengguna harus mengatur sendiri tingkat kecerahan layar. Pengaturan tampilan layar seperti mode dynamic, standard dan movie juga tidak disertakan, namun masih tersedia fitur ‘increase text legibility’ untuk memperjelas teks saat tablet dipakai untuk membaca.

Dari segi UI, Tab 3 Lite masih menggunakan TouchWIZ UI khas Samsung yang memiliki fitur Magazine UI dan Multi Windows untuk menjalankan 2 aplikasi sekaligus dalam satu tampilan layar. 3 tombol utama di bawah layar juga menyimpan fungsi lain. Dengan menahan tombol menu, pengguna bisa menuju fitur Google Now. Sementara dengan menahan tombol home layar akan menampilkan apps switcher atau akses menuju S Voice dengan menekannya 2 kali secara cepat. Jika menahan tombol back, pengguna bisa menampilkan atau menyembunyikan tray muti windows jika fitur ini diaktifkan.

Kamera dan Video

Pemangkasan fitur benar-benar terasa pada sektor kamera. Samsung menurunkan resolusi kamera utama dari 3.15 MP menjadi 2 MP (1600×1200 pixel). Namun fitur bawaan kamera sedikit lebih lengkap dengan 5 mode utama (single shot, panorama, share shot, buddy photo share, smile shot), timer, pilihan efek warna dan 9 opsi scene mode. Kemampuan merekam videonya juga maksimal sebatas 480p(640×480 pixel).

Fitur Unggulan

Meski berada pada ‘kasta’ terendah dalam jajaran Galaxy Tab Series, Samsung masih menyematkan beberapa aplikasi dan fitur seperti Polaris Office 5 untuk menampilkan dan mengedit file berformat pdf, word, powerpoint dan excel. Ada juga aplikasi chatting Line dan layanan penyimpanan cloud Dropbox. Fitur S Voice pada Tab 3 Lite memiliki fitur Motion Smart Alert yang akan memberitahu pengguna jika melewatkan panggilan atau pesan masuk dengan cara bergetar saat diangkat jika ada missed call atau pesan yang belum dibaca.

Internet dan Konektifitas

Tab 3 Lite tersedia dalam 2 varian, yakni 3G+WiFi dan WiFi Only. Untuk varian 3G, selain dapat online lewat jalur 3G HSPA, tablet ini juga menyediakan fitur telepon. Masih ada konektifitas lokal seperti Buetooth dan microUSB. Sementara fitur Samsung Link yang disematkan di dalamnya akan memudahkan tablet dalam melakukan sinkronisasi data multimedia seperti foto, video dan musik dengan perangkat tablet, smartphone, komputer atau TV Samsung.

Hardware, Prosesor dan OS

Dapur pacu tablet ini didukung oleh chipset Marvell PXA986 dengan prosesor dual-core berkecepatan 1.2 GHz dan RAM 1 GB. Sektor grafis mengandalkan prosesor Vivante GC1000. OS yang digunakan adalah Android 4.2 Jelly Bean. Dengan memori internal 8 GB(4.5 GB user available), kapasitasnya juga bisa ditambahkan dengan slot microSD hingga 32 GB. Sementara pasokan daya tablet ini ditunjang oleh baterai Li-Ion berkapasitas 3600 mAh.

Kesimpulan

Untuk tablet dengan harga Rp 2 jutaan, Samsung Galaxy Tab 3 Lite memiliki beberapa fitur unggulan seperti tampilan UI yang menarik, Multi Windows, Samsung Link dan fitur telepon. Pemangkasan fitur hanya terdapat pada sektor kamera dengan resolusi dan kualitas rendah. Tablet ini hanya cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan standar seperti aplikasi kantoran, online internet dan menjalankan game standar.

About the author /


Related Articles

Post your comments