Review: Samsung Galaxy Tab S, Tablet Super Tipis Nan Canggih

tab s

CiriCara Tekno – Samsung akhirnya meluncurkan Galaxy Tab S, tablet premium yang hadir dengan desain elegan, layar tajam, fitur berkelas dan teknologi mumpuni. Tablet ini terdiri dari dua kategori, yakni 8.4 inci dan 10.5 inci dengan ketebalan 6.6 mm. Warnanya terdiri dari dua pilihan, dazzling white dan titanium bronze. Samsung juga membekali tablet ini dengan fitur unggulan seperti yang sudah diterapkan pada Galaxy S5 dan sebagian lagi merupakan pengembangan dari Galaxy Tab Pro.

Lantas, bagaimana performa dan keunggulan dari tablet ini? Berikut ulasannya.

Desain

Galaxy Tab S memiliki desain yang tipis dan tajam. Tipe 10.5 inci memiliki ukuran 247.3 x 177.3 x 6.6 mm dengan bobot 467 gram. Sementara tipe 8.4 inci hadir dengan dimensi 125.6 x 212.8 x 6.6 mm dan berat 298 gram. Karena ketebalannya tersebut, ini menjadikan Galaxy Tab S sebagai tablet tertipis di dunia saat ini.

Material bahannya menggunakan bahan plastik berkualitas dengan pilihan warna titanium bronze yang gagah dan warna dazzling whte yang menonjolkan sisi elegan. Di bagian atas terdapat tombol daya dan pengatur volume. Sementara sisi kanan dihuni oleh slot microSD dan SIM card serta port charger. Speaker menghiasi sisi kanan dan kiri tablet ditambah pola titik-titik khas produk Samsung yang berada pada bagian back cover.

Layar

Tablet premium ini menggunakan layar Super AMOLED dengan resolusi WQXGA (2560 x 1600 pixel). Tampilannya membuat gambar yang dihasilkan lebih jelas dan tajam dengan kualitas lebih maksimal. Selain itu layar Tab S masih terlihat jelas meski di bawah paparan sinar matahari.

Samsung juga membekali panel layar dengan fitur adaptive display yang menyesuaikan layar dengan warna cahaya di lingkungan sekitar. Misalnya saat berada di ruangan dengan cahaya lampu yang dominan berwarna kuning maka layar tablet akan menyesuaikan, begitu juga dengan warna lainnya.

Ada juga fitur Read Mode, sebuah sistem pengaturan cahaya yang bisa disesuaikan saat pengguna sedang membaca e-book atau artikel panjang di internet lewat tablet sehingga cahaya yang keluar dari layar tidak teralu terang dan tidak membuat mata lelah.

Kamera

Galaxy Tab S dipersenjatai dengan kamera utama berdaya bidik 8 MP dengan LED flash dan kamera depan sebesar 2.1 MP dengan kemampuan merekam video berkualitas Full HD (1080p@30fps). Dengan resolusi kamera yang diklaim sebagai yang terbaik untuk ukuran tablet, kualitas gambar yang dihasilkan cukup jelas dan tajam. Ditambah dengan hasil video yang lancar saat diputar.

Fitur unggulan

Tablet ini memiliki sejumlah fitur unggulan yang menarik. Misalnya Sidesync 3.0 yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan smartphone Samsung lewat tablet dan menggunakan fasilitas WiFi direct. Tampilan pada layar ponsel akan muncul di tablet. Begitu juga ketika ponsel menerima panggian telepon, kita bisa mengangkatnya lewat tablet.Galaxy Tab S juga memiliki kemampuan multitasking sehingga bisa membuka lebih dari satu window pada layar. Bahkan ketika sedang melakukan sinkronisasi dengan smartphone.

Masih ada fingerprint scanner yang menjadikan Galaxy tab S sebagai tablet pertama Samsung menggunakan fitur ini. Total ada 8 user yang bisa memakainya dan maksimal ada tiga sidik jari. Data fingerprint tersebut juga bisa digunakan untuk fasilitas pembayaran paypal.

Fitur Kids Mode juga sudah terpasang sehingga anak-anak bisa memakai sejumlah aplikasi dengan pengawasan orangtua.

Hardware

Untuk menunjang kinerjanya, tablet premium ini dibekali dengan prosesor LTE Exynos 5 Octa (1.9 GHz Quad-core + 1.3 Ghz Quad-core) dengan RAM 3 GB. Jeroan ini membuat tablet tdak mengalami kendala saat menjalankan beberapa aplikasi sekligus, bermain game berat atau browsing internet.

Sistem operasi yang digunakan adalah Android 4.4 KitKat. Kapasitas penyimpanannya terdiri dari dua pilihan, yakni 16 atau 32 GB memori internal. Galaxy Tab S 8.4 inci dibekali dengan baterai 4900 mAh, sementara tipe 10.5 inci mengandalkan baterai 7900 mAh sebagai pasokan daya. Ditambah ada fitur ultra power saving yang membuat baterai lebih tahan lama.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab S memang menjadi tablet premium super canggih dengan desain yang ringan dan tipis saat ini. Selain fitur-fitur unggulan yang disematkan di dalamnya seperti fingerprint dan sidesync 3.0, ketajaman gambarnya juga patut diacungi jempol. Tablet in memang megusung misi sebagai sarana entertainment tetapi juga bisa dipakai untuk bisnis. Selain itu, Samsung juga memberikan pilihan aksesoris berwarna-warni untuk menunjang penampilan tablet ini dan keyboard untuk memudahkan pengguna.

About the author /


Related Articles

Post your comments