Review: Samsung NX30

CiriCara Tekno – Samsung telah merilis NX30 sebagai terobosan baru di bidang kamera profesional DSLR. Kamera terbaru ini menjadi penerus dari Samsung NX20 yang telah dirilis pada tahun 2013 lalu. Samsung juga memberi banyak perbaikan dan pengambangan dari seri terdahulunya. Peningkatan performa, kualitas serta kemampuan konektifitas nirkabel menjadi fokus utama Samsung pada NX30. Seperti apa performa kamera ini? Berikut review singkatnya.

Desain

Samsung NX30 hadir dengan desain yang solid dan pas dengan genggaman tangan. Perangkat ini berukuran 5 x 3.75 x 1.64 inci dibalut dengan desain teknologi Mirrorless yang menawarkan fitur dan kualitas kamera DSLR portabel. Tampilan antarmukanya menggunakan layar sentuh LCD 3 inci dengan resolusi 1024×768 pixel dan kerapatan 288 ppi. Layar sentuhnya juga terbilang responsif saat digunakan.

Tampilan fisiknya yang kompak memberikan kenyamanan saat pemotretan serta genggaman yang memberikan kesan stabil. Dalam kamera, terdapat beberapa tombol fisik yang berfungsi sebagai pengaturan agar pengguna lebih mudah dan cepat dalam mengatur mode pemotretan.

Fitur

Kamera ini menggunakan lensa dengan resolusi 20.3 MP dengan sensor APS-C CMOS diman pengguna dapat menangkap gambar dengan kualitas tinggi dan terkesan profesional. Selain itu bersamaan dengan peluncurnan NX30, Samsung juga merilis lensa terbaru dari S Series Premium Lens dengan view angle 16-55 mm dan rentang aperture maksimum F3-F5.6. Lensa ini terbilang cukup ringan dan memiliki fitur Silent Auto Focusing yang meminimalisir suara berisik ketika lensa sedang mencari titik fokus tertentu. Ada juga Optical Image Stabilization untuk mengurangi blur saat mengambil gambar.

Pada NX30, terdapat 16 Smart Mode untuk memberikan kemudahan dalam menangkap gambar dengan mode yang berbeda. Mode tersebut diantaranya Beauty Face, Best Face, Macro, Action Freeze, Landscape, Rich Tone, Panorama, Waterfall, Sunset, Night, Fireworks, Silhouette, Light Trace, Creative Shot, Multi-Exposure dan Smart Jump Shot. Mode perekaman kamera ini dapat merekam video dengan resolusi Full HD 1080p.

Performa

Akselerasi dan performa NX30 terbilang sangat cepat. Pengguna dapat mengambil gambar dalam hitungan detik. Flashlight pada amera ini juga lebih cepat muncul dibandingkan kamera-kamera lain. Selain itu, performa Flash External yang terhubung secara nirkabel juga mempunyai konektifitas berkecepatan tinggi sehingga pencahayaan perangkat lebih intuitif saat memotret.

Bahan logam baru yang terbenam pada NX30 juga diklaim oleh Samsung dapat memberikan efisiensi cahaya yang lebih baik untuk mencapai sensor kamera. Sistem autofocus pada kamera juga dioptimalkan sehingga memungkinkan fokus yang lebih cepat, akurat dan lebih baik. Kemampuan ISO kamera ini mencapai antara 100-25.600.

Konektifitas

Samsung telah menanamkan fitur Smart Connectivity dimana pengguna dapat terhubung ke jaringan nirkabel dan berbagi konten melalui NFC. Gambar dapat dtandai dan di-share langsung melalui email, jejaring sosial, cloud storage, atau perangkat seperti smartphone dan tablet. Dengan fitur Photo Beam, pengguna dapat berbagi foto atau video dengan maksimum empat perangkat NFC tanpa konfigurasi terlebih dahulu.

Fitur Auto Share dapat mengatur kamera untuk mengirim semua foto ke smartphone atau tablet milik pengguna. Masih ada aplikasi Remote ViewFinder Pro untuk mengubah smartphone atau tablet menjadi viewfinder dari kamera untuk mengambil gambar serta mengontrol kamera dari jarak jauh.

Dengan menggunakan port HDMI, pengguna dapat menampilkan Live Streaming. Kemampuan Live Streaming ini juga dapat dinikmati pada layar tablet atau smartphone dengan menggunakan Remote ViewFinder Pro.

About the author /


Related Articles

Post your comments