Review: Sony Xperia M2

CiriCara Tekno – Agar tetap dapat bersaing di pasar kelas menengah, Sony meluncurkan smartphone terbarunya yang diberi nama Xperia M2. Ponsel yang menjadi andalan di segmen mid-end ini tersedia dalam dua kategori. Model pertama menggunakan SIM tunggal yang dibanderol Rp 3 juta, sementara model satunya lagi mendukung dual-SIM dengan harga jual Rp 3,1 juta. Pilihan warnanya pun terdiri dari warna putih, hitam dan ungu.

Tak hanya itu, smartphone yang sudah didistribusikan dan tersedia di pasaran mulai bulan Juni ini juga memiliki fitur menarik yang hanya ada di ponsel Xperia kelas atas. Apa saja fitur tersebut dan apa keunggulan ponsel ini? Berikut ulasannya.

Desain dan Layar

Sony Xperia M2 hadir dengan dimensi 139.7 x 71.1 x 8.6 mm dengan berat 148 gram. Desainnya pun cenderung minimalis dengan bentuk agak kotak di tiap sudutnya. Untuk display, Sony menggunakan layar TFT capacitive touchscreen seluas 4.8 inci dengan resolusi 540 x 960 pixel, kerapatan hingga 229 ppi serta ketajaman 16 juta warna. Layarnya juga mendukung multitouch hingga 4 titik dan dilindungi oleh lapisan anti-gores Scratch-resistant Glass.

Kamera dan Fitur

Di sektor kamera, Xperia M2 menggunakan sensor kamera Exmor RS dengan resolusi 8 MP (2448 x 3264 pixel) lengkap dengan autofocus dan LED flash. Terdapat pula fitur-fitur untuk memaksimalkan fungsi kamera seperti geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, HDR, panorama serta perekam video beresolusi 1080p@30fps. Di bagian muka terdapat kamera sekunder resolusi VGA yang juga dapat merekam video 480p@30fps.

Sony juga membekali ponsel ini dengan sejumlah fitur menarik yang hanya ada dalam ponsel Xperia. Pengguna dapat mengunduh 500.000 konten musik legal selama 6 bulan melalui layanan Sony Music Jive. Ada juga layanan Xperia Lounge untuk mengunduh 3 film dari Sony dan album musik Michael Jackson secara legal.

Performa dan Konektifitas

Baik model dual SIM maupun SIM tungal sama-sama dapat berjalan di jaringan 3G HSPA dan 4G LTE untuk akses data. Tersedia pula pilihan konektifitas lokal seperti WiFi, Bluetooth, NFC dan microUSB.

Dapur pacu Xperia M2 dipersenjatai oleh chipset Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400 dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.2 GHz dan RAM 1 GB. Unit prosesor grafis menggunakan Adreno 305. Ponsel ini masih menggunakan OS Android 4.3 Jelly Bean, namun Sony menjanjikan update ke versi terbaru Andorid 4.4 KitKat.

Media penyimpanan ponsel sebesar 8 GB untuk internal storage dengan tambahan slot microUSB maksimum 32 GB. Baterai Li-Ion non-removable dengan kapasitas 2300 mAh sudah ditanamkan sebagai penunjang daya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Sony Xperia M2 menawarkan fitur-fitur yang cukup komplit untuk ponsel kelas menengah. Kamera tangguh dan perfoma mumpuni menjadi senjata andalan ponsel ini, apalagi Xperia M2 juga tersedia dalam pilihan ponsel dual SIM. Sayangnya handset ini tidak memiliki fitur Radio FM dan kamera sekunder yang digunakan masih beresolusi VGA.

About the author /


Related Articles

Post your comments