Review: Sony Xperia Z2, Phablet Dengan Dukungan Fitur Terkini

xperia z2

CiriCara Tekno – Sony baru saja meluncurkan flagship terbarunya, Xperia Z2, yang siap bersaing dengan pesaingnya di kelas high-end seperti Samsung Galaxy S5 dan HTC One M8. Selain didukung dengan kamera mumpuni dan kemampuan merekam video 4K, phablet ini juga ditunjang dengan hardware dan fitur terkini. Seperti apa ketangguhan perangkat ini? Berikut reviewnya.

Desain

Xperia Z2 memiliki desain yang sama persis dengan Xperia Z1 dengan struktur yang terlihat ‘flat’ dan menggunakan material metal alumunium dikombinasikan dengan bahan kaca anti gores dan bezel tipis di sekeliling bodi. Dimensinya 146.8 x 73.3 x 8.2 mm dengan berat 163 gram. Karena mengantungi sertifikasi IP58, perangkat ini anti debu dan dapat bertahan di dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Bagian seperti lubang port micro USB, SIM card dan microSD dilindungi dengan penutup khusus berbahan karet untuk mencegah masuknya debu. Tersedia juga tombol shutter kamera yang juga dapat berfungsi untuk mengambil foto di dalam air.

Display dan UI

Teknologi panel layar milik Xperia Z2 memiliki ketajaman dan kejernihan yang memukau. Dengan layar sentuh TFT capacitive touchscreen berteknolgi Triluminos seluas 5.2 inci dengan resolusi 1920×1080 pixel, kepadatan 424 ppi dan kedalaman 16 juta warna membuat gambar yang ditampilkan terlihat detail dengan pancaran warna natural dan alami. Tak lupa lapisan anti gores Scratch resistant glass juga sudah ditanamkan di atas layar.

Di sisi interface, Xperia Z2 hanya menghadirkan antarmuka standar dengan ikon, layout, skin dan font khas milik Sony. Pengguna juga dapat melakukan kustomisasi tampilan wallpapaer, theme dan widget khusus untuk mempercantik tampilannya. Phablet ini juga memiliki fitur Double-Tap to Wake untuk menyalakan layar dengan mengetuknya dua kali, mirip dengan fitur KnockOn milik LG G2.

Kamera

Perangkat ini memiliki kamera dengan resolusi cukup besar seperti Xperia Z1. Sony membenamkan Lensa G berteknologi Exmor RS dengan sensor 20.7 MP yang dilengkapi LED flash dan autofocus. Selain itu masih ada fitur bawaan lainnya seperti geo-tagging, touch focus, face detection, image stabilization, HDR dan panorama. Kamera juga mampu menangkap gambar dengan sudut pandang selebar 27 mm yang hasilnya cukup tajam dan jernih.

Kemampuan merekam video 4K dengan kualtas Ultra HD (2160@30fps) juga bisa dilakukan oleh perangkat ini. Ada juga fitur SteadyShot untuk mendapatkan kualitas video yang stabil dan mulus meski rekaman dilakukan sambil bergerak atau berjalan. Di bagian depan sudah tersemat kamera sekunder beresolusi 2.2 MP dengan kemampuan merekam video 1080p@30fps.

Fitur Lain

Perangkat ini dibekali dengan teknologi active noise-canceling untuk membantu mengurangi suara bising saat berkomunikasi atau mendengarkan multimedia hingga 98%. Sayangnya teknologi ini hanya berfungsi maksimal jika menggunakan headset yang sesuai yang harus dibeli secara terpisah, bukan headset bawaan.

Terdapat juga fitur What’s New untuk membantu mencari film, musik, game serta aplikasi yang direkomendasikan sesuai dengan perangkat. Selain itu masih ada fitur standar lainnya seperti Walkman Player, Radio FM, PlayStation Mobile, Smart Connect, Office Suit, Notes, Reader by Sony dan my Xperia.

Sebagai tambahan dalam paket penjualan resmi Xperia Z2, Anda akan mendapatkan konten eksklusif seperti 6 film blockbuster Sony Pictures di aplikasi Movie Privilege, akses 500.000 lagu original Sony Music Jive serta download Album Xscape Exclusive Michael Jackson di Xperia Lounge yang semuanya bisa didapatkan secara cuma-cuma.

Konektifitas

Kegiatan browsing dan akses data bisa dilakukan melalui jaringan HSPA+ dan 4G LTE. Anda juga bisa memanfaatkan fitur konektifitas lokal seperti WiFi, Bluetooth, NFC serta microUSB dengan fitur USB On-The-Go dan USB Host. Ada juga fitur Screen Mirroring yang dapat menghubungkan ponsel dengan perangkat lain seperti Home theatre dan LED TV untuk menonton video di layar lebar via koneksi kabel data yang emndukung MHL dan NFC. Fitur GPS di dalamnya juga sudah mendukung A-GPS dan GLONASS yang dipadu Google Maps dengan tingkat akurasi panduan turn by turn cukup tinggi serta voice guidance untuk memandu pengguna di perjalanan.

Hardware, Prosesor dan OS

Dapur pacu Xperia Z2 ditanamkan chipset Qualcomm MSM8974AB Snapdragon 801 dengan prosesor Quad-core berkecepatan 2.3 GHz dan RAM 1 GB. Prosesor grafisnya mengandalkan Adreno 330. Aktifitas seperti menjalankan aplikasi, memutar video, gaming dan multitasking pun bisa dilakukan dengan lancar dan nyaman tanpa kendala. OS yang digunakan phablet ini adalah Android 4.4.2 KitKat yang masih tergolong anyar.

Perangkat ini memiliki internal storage 16 GB dan slot exteral via microSD dengan kapasitas maksimum 128 GB. Baterai non-removable berkapasitas 3200 mAh juga sudah ditanamkan. Dukungan namajemen daya lewat fitur Stamina Mode memberikan daya tahan luar biasa dan mampu menghemat baterai hingga 75% ketimbang smartphone lain yang tidak dibekali fitur manajemen baterai mumpuni.

Kesimpulan

Xperia Z2 memiliki beragam keunggulan seperti kamera beresolusi besar yang mampu merekam video 4K, prosesor mumpuni, baterai tangguh, serta kemampuan tahan air dan debu yang menjadi daya tarik tersendiri bagi ponsel ini. Sayangnya bodi ponsel memiliki lapisan kaca yang agak licin sehingga mudah tergelincir dan terjatuh, apalagi jika diletakkan di permukaan miring atau tidak rata.

About the author /


Related Articles

Post your comments