Review: Treq Tune Z

treq-tune-z

CiriCara Tekno – Menggeliatnya pasar Android di tanah air membuat vendor ponsel berani banting harga agar tetap bersaing di ranah Smartphone. Hal itu dilakukan lewat peluncuran Treq Tune Z yang mengusung layar IPS dan OS Android Jelly Bean. Apa saja kelebihan yang dimiliki oleh ponsel yang dibanderol di bawah sejutaan ini? Simak ulasannya.

Desain

Penampakan Tune Z terlihat sangat mirip dengan Galaxy Series milik Samsung dengan bazel silver dan tombol menu dan back yang mengapit tombol home fisik. Dimensinya 9.87 x 58.95 x 113.5 mm dengan balutan material plastik. Tombol power berada di sisi kanan beserta tombol pengatur volume di sisi seberang. Sementara port audio 3.5 mm dan port microUSB dapat Anda temukan di bagian atas ponsel.

Display dan UI

Layar ponsel menggunakan IPS LCD capacitive touchscreen dengan bentang diagonal 3.7 inci, resolusi 480×800 pixel, kerapatan 245 ppi dan kedalaman 16 juta warna. Tak seperti ponsel entry level lainnya, Tune Z memiliki tampilan ikon menu yang unik dan kustomisasi layar dengan pilihan scene atau tema. Shortcut seperti pengaturan konektifitas, tingkat kecerahan, rotasi layar, GPS hingga profil audio dapat ditemukan pada area notifikasi.

Kamera dan Video

Treq Tune Z dibekali dengan kamera belakang beresolusi 2 MP(1600×1200 pixel) dilengkapi flashlight dan kamera depan sebesar 0.3 MP. Fitur kamera bawaan terbilang sederhana seperti exposure, scene mode, color effect dan white balance. Kemampuan merekam videonya beresolusi 480p yang dapat disimpan dalam format 3gp. Pengguna juga dapat mengedit hasil video melalui aplikasi bawaan Movie Studio.

Internet dan Konektifitas

Smartphone ini memiliki dua buah slot GSM yang mendukung koneksi 3G dan jaringan WiFi. Untuk urusan transfer data, Anda dapat memanfaatkan fitur Bluetooth dan microUSB. Sementara input data bisa dilakukan lewat keyboard dan mouse wireless yang bisa dibeli secara terpisah.

Hardware, Prosesor dan OS

Meski dibanderol murah dan termasuk produk untuk kelas pemula, Tune Z telah menggunakan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean sebagai platform andalan. Chipset Mediatek 6572 berprosesor dual-core dengan kecepatan 1.2 GHz ditanamkan demi menunjang kinerja ponsel. Prosesor grafis didukung Mali 400-MP. Tune Z juga memiliki RAM sebesar 512 MB dan internal storage sebesar 4 GB yang bisa diperluas dengan slot microSD maksimum 32 GB. Sementara daya tahannya ditunjang oleh baterai Li-Ion sebesar 1250 mAh.

Kesimpulan

Dengan banderol terjangkau, Treq Tune Z telah mendukung kapabilitas dual-SIM dan layar IPS. Sayangnya material bodi mudah kotor serta kualitas kamera yang kurang dan RAM yang kecil. Namun setidaknya sebagai ponsel entry evel, Tune Z dapat mengakomodasi kebutuhan pengguna. Apalagi di dalamnya sudah terinstal aplikasi chatting seperti BBM, WhatsApp dan Line yang cukup populer di tanah air.

About the author /


Related Articles

Post your comments