Review: ZTE Blade L2

CiriCara Tekno – Kategori kelas menengah sepertinya menjadi lahan empuk untuk dikuasai. Setelah pasar kelas atas yang rata-rata didominasi oleh merek-merek ternama, rupanya memberi celah bagi vendor yang sedang berkembang untuk merilis ponsel di pasar yang sudah kurang dijamah oleh ponsel branded ini. Hal itu terbukti dari ZTE yang merilis seri terbaru dari Blade, yakni Blade L2, untuk pasar mid-end.

Seperti pendahulunya, pabrikan asal Tiongkok ini membekali ZTE Blade L2 dengan berbagai fitur mumpuni namun dibanderol dengan harga terjangkau. So, seperti apakah keunggulan ponsel ini?

Desain

ZTE Blade L2 mengusung dimensi 142.5 x 72.2 x 9 mm dengan berat 166 gram. Desainnya agak kotak dan cenderung kaku. Di bagian muka, terpampang layar TFT capacitive touchscreen berukuran 5 inci (480 x 854 pixel) dengan kerapatan hingga 196 ppi dan ketajaman 16 juta warna. Meski layarnya cukup luas, namun resolusi dan kerapatan layarnya terbilang cukup kecil.

Fitur

Di sektor pengabadi gambar, ZTE menanamkan kamera dengan sensor sebesar 5 MP (2592 x 1944 pixel) lengkap dengan LED flash, autofocus dan geo-tagging. Sayangnya kamera depan hanya menggunkan kamera dengan resolusi VGA. Tentunya sangat tidak mendukung aktifitas berfoto selfie.

Selain fitur bawaan Google seperti Gmail, Gtalk, Google Search, Google Maps dan Youtube, tersedia juga fitur standar lainnya seperti GPS, Radio FM serta audio dan video player.

Performa

Beralih ke sektor konektifitas. Kinerja ponsel saat terhubung ke dunia internet terbilang baik. Ini karena ZTE Blade L2 mendukung kapabilitas dual SIM dan dapat berjalan di jaringan 3G HSDPA. Tersedia juga fitur standar konektifitas lainnya seperti WiFi, Bluetooth dan microUSB.

Untuk dapur pacu, Blade L2 ditanamkan chipset Mediatek MT6582M dengan prosesor quad-core berkecepatan 1.3 GHz serta RAM 1 GB. Kapasitas penyimpananya sebesar 4 GB yang bisa diekspansi dengan tambahan slot microSD hingga 32 GB. Baterai Li-Ion berkapasitas 2000 mAh juga sudah ditanamkan sebagai pasokan daya.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ZTE Blade L2 terbilang cukup standar baik dari segi fitur maupun spesifikasi sebagai ponsel kelas menengah. Tidak ada fitur yang “istimewa” jika dibandingkan dengan ponsel sekelasnya. Untuk kategori ponsel Tiongkok, dual SIM sudah terbilang umum. Selain desainnya yang standar, ponsel ini juga hanya memiliki satu pilihan warna, yakni putih.

About the author /


Related Articles

Post your comments