Tipe-tipe Developer Video Game Yang Perlu Anda Ketahui

developer

CiriCara Tekno – Anda suka bermain game? Apakah Anda tahu developer-developer pembuat game tersebut? Pada umunya sebuah game diciptakan oleh perusahaan developer video game maupun developer perorangan. Developer game biasanya terdiri dari orang-orang yang memiliki keahlian seperti pemrograman, desain, seni, pengujian, dan lain-lain. Mereka bekerjasama dengan publisher yang bertugas memperkenalkan produk tersebut kepada masyarakat dan masuk ke perusahaan distribusi seperti retail, waralaba maupun toko.

Ingin tahu tipe-tipe developer video game atau Anda berminat membangun perusahaan pengembangan game? Simak pembahasan berikut.

Developer First Party

Developer First Party adalah pengembang video game yang merupakan bagian dari perusahaan pembuat konsol game. Biasanya developer tipe ini mengembangkan produk game yang hanya dapat dimainkan pada konsol buatannya. Mereka juga seringkali masih menggunakan nama perusahaan pembuat konsol seperti Microsoft Studios untuk konsol Xbox, Nintendo, Retro Studios atau divisi khusus seperti Sony’s Polyphony Digital untuk konsol PlayStation. Namun, status developer first part tidak selalu menjadikan produk game buatannya sukses di pasaran.

Developer Second Party

Developer tipe ini merupakan sebuah perusahaan pengembang video game yang sebagian atau seluruhnya dimiliki oleh pemegang perusahaan pembuat konsol. Produk besutan developer second party pastinya hanya ekslusif untuk platform konsol tertentu karena mendapat dana dari pembuat konsol atau memiliki perjanjian penerbitan eksklusif. Contohnya, Insomniac Games dengan produk games untuk PlayStation atau Game Freak yang menghadirkan produk khusus bagi Nintendo.

Developer Third Party

Bisa dibilang, developer third party adalah developer yang paling populer saat ini karena lebih bebas dalam mengembangkan produknya. Ketimbang hanya eksklusif pada satu konsol atau platform, game besutan developer ini lebih lintas platform. Developer third party juga memiliki kerja sama dengan pihak publisher untuk memasarkan produknya meski terkadang mereka juga menerbitkannya sendiri.

Di era konsol dan platform modern, developer third party lebih mendominasi pasar dengan produknya yang populer. Sebut saja Capcom, Namco Bandai Games, Electronic Arts, Rockstar Games, Infinity Ward dan masih banyak lagi. Game-game besutannya yang populer antara lain Grand Theft Auto, Call of Duty, Need for Speed, Far Cry, Battlefield dan Final Fantasy.

Developer Independent

Karena bersifat indie, developer jenis ini lebih bebas dan tidak memiliki keterikatan dengan perusahaan lain. Mereka memiliki satu tim, dan untuk pemasaran produknya mengandallkan internet, media sosial bahkan dari mulut ke mulut. Beberapa developer independent yang masih bertahan adalah Rovio Entertainment, Double Fine Productions, The Chinesse Room, dan lain-lain.

About the author /


Related Articles

Post your comments