Tips Memilih Tablet Yang Cocok Untuk Anak

CiriCara Tekno – Sebagai orangtua, tentu kita akan sedikit direpotkan dengan perkembangan teknologi saat ini. Mengapa demikian? Sebab, teknologi telah masuk ke segala penjuru umur, bukan hanya dewasa tetapi juga anak kecil.

Dalam kehidupan sehari-hari, tak jarang kita menemui anak berusia batita yang tengah bermain dan membawa gadget kemana-mana. Biasanya gadget yang diberikan oleh orangtuanya adalah komputer tablet. Namun bila orangtua tidak cermat dan pintar, penggunaan tablet yang berlebihan akan berefek negatif pada anak. Maka dari itu sebelum Anda memilih dan memberikan tablet untuk anak, sebaiknya perhatikan tips-tips berikut:

  • Berikan gadget sesuai kebutuhan anak, jangan terpengaruh dengan merek atau harga hanya demi menjaga gengsi sebagai orangtua. Gadget mahal tak ada artinya bila hanya digunakan untuk aktifitas sederhana saja. Pilihlah gadget yang sesuai dengan kebutuhan anak dan juga pas untuk ukuran kantong Anda.
  • Pilihlah tablet yang memang dirancang khusus untuk anak. Misalnya yang di dalamnya terdapat fitur edukasi seperti membaca, berhitung atau mengaji yang dikemas secara menarik. Anak kecil cenderung menyukai sesuatu yang lebih berwarna dan atraktif sehingga semakin tertarik untuk belajar.
  • Selain kebutuhan edukasi, anak juga membutuhkan hiburan untuk menghilangkan kejenuhannya dari belajar atau aktifitas hariannya. Anda bisa mengunduh beberapa permainan yang cocok dimainkan untuk anak sesusianya demi mengatasi kebosanan.
  • Beri batasan waktu untuk penggunaan tablet. Baik untuk belajar maupun bermain agar tidak berlebihan dan menimubulkan efek negatif seperti malas dan jarang bergaul. Beberapa tablet bahkan memiliki fitur time management untuk mengontrol atau memberi batasan waktu pada penggunanya.
  • Jika buah hati termasuk anak yang aktif bergerak, jangan lupa berikan aksesoris khusus seperti case, capdase, anti-gores atau tas kecil khusus untuk tablet demi meminimalisir risiko seperti baret, terbentur, terjatuh dan kerusakan-kerusakan lainnya.
  • Jangan lupa, peranan orangtua sangat penting dalam perkembangan anak. Bila dirasa anak memang belum membutuhkan perangkat mobile, sebaiknya jangan diberikan agar anak tidak manja. Pemberian gadget seperti tablet memerlukan pertimbangan yang bijak dan dan tepat agar berdampak positif bagi anak.

About the author /


Related Articles

Post your comments