Tips Menjepret Foto Portrait Dengan Kamera Smartphone

portrait-smartphone

CiriCara Tekno – Saat ini, kamera smartphone sudah dilengkapi dengan beragam fitur dan kecanggihan teknologi terkini sehingga dapat menghasilkan kualitas foto yang setara dengan kamera digital atau kamera semi profesional. Selain untuk mengabadikan momen, tren dalam menggunakan kamera ponsel adalah foto landscape pemandangan atau selfie. Selain itu, masih ada jenis fotografi portrait yang juga digemari. Apalagi dengan fitur kebanyakan smartphone saat ini, menjepret foto portrait kian mudah dilakukan.

Agar hasil foto portrait Anda terlihat lebih menarik. Cobalah beberapa tips berikut ini.

Background

Hal terpenting dalam teknik fotografi, termasuk portrait, adalah background yang menarik. Hindari background yag berserakan sampah, di tengah lalu-lalang, keramian umum, kabel listrik, atau hal menganggu lainnya. Carilan backgrond yang simpel dan enak dipandang. Perhatikan juga bahwa fokus foto harus lebih ke subjek, bukan background.

Leading Line

Leading line atau garis-garis yang menuntun kepada subjek foto bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foto portrait terbaik. Garis-garis seperti pagar atau balkon dapat digunakan untuk mengambil foto portrait. Rajin-rajinlah bergerak mencari sudut menarik dan pas.

Refleksi

Cermin seperti menjadi teman setia dalam berpose dengan memanfaatkan efek pantulannya. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan efek pantulan serupa pada air. Dengan begitu, tampilan foto akan lebih unik dan menarik secara visual.

Efek kamera

Memberikan efek seperti sephia atau hitam putih bisa membuat hasil foto kian maksimal, terlebih jika Anda ingin memberikan suasana jadul atau ceria pada foto portrait yang ingin Anda jepret. Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur bawaan kamera lainnya seperti mode atau panorama, apalagi jika teknologi yang disematkan terbilang canggih.

Alat bantu

Berbagai alat bantu seperti tembok, kursi, dinding, sofa, piano atau meja bisa dimanfaatkan sebagai posing tool untuk membantu subjek berfoto. Misalnya, Pose seperti duduk di atas piano atau sambil memainkan piano bisa menjadi pilihan. Selain itu, dengan menggunakan bangku taman, foto pun dapat dikembangkan dengan pose lain yang tidak membosankan.

About the author /


Related Articles

Post your comments