5 Hal Menarik Dari Android L

CiriCara Tekno – Dalam pagelaran Google I/O yang dihelat pada akhir Juni lalu, Google telah mengumumkan banyak hal mengenai produk-produknya. Yang paling menarik perhatian tentu saja sistem operasi Android terbaru yang melanjutkan versi KitKat.

Google memang dikenal menggunakan nama makanan manis pada sistem operasinya dan mengikuti sistem abjad. Menerukskan seri ‘K’ dari KitKat, OS Android ini disebut-sebut akan menggunakan nama Lime Pie atau Lolipop meski Google masih menyebutnya dengan nama Android ‘L’.

Untuk mengetahui lebih dalam seputar OS terbaru ini, berikut adalah 5 hal menarik dari Android L.

Desain dan tampilan baru

Google menghadirkan desain yang sederhana namun atraktif pada user interface Android L. Tampilan antarmukanya lebih berwarna, flat dan berlapis-lapis. Selain itu, masih ada animasi dengan kualitas 3D yang merupakan pengembangan dari UI milik Android KitKat sehingga membuatnya nampak lebih real dan dinamis.

Peningkatan performa

Kualitas grafis pada Android L mengalami peningkatan performa dibanding versi terdahulu. Ada juga ART Runtime, sebuah virtual machine yang sudah digunakan pada versi KitKat yang dapat memberikan respon lebih cepat saat pengoperasian hingga dua kali lipat. OS terbaru ini juga menghadirkan mode Battery Saver untuk efisiensi konsumsi daya yang aktif secara manual saat daya baterai mencapai presentase tertentu.

Penambahan fitur baru

Fitur Google Search pada Android L memiliki kemampuan baru yang disebut rediscovery dimana pengguna dapat mempelajari pencarian-pencarian lama, bahkan yang dilakukan dari aplikasi lain. Fitur tab dari Chrome juga diterapkan pada akses recent menu atau aplikasi terbaru yang membuat tampilannya kian rapi dan mudah diakses. Yang terakhir adalah fitur notifikasi terbaru pada Lockscreen dalam bentuk kotak-kotak yang tersusun rapi sehingga lebih jelas dan enak dipandang.

Fitur untuk dunia usaha

Dengan bantuan software ‘Knox’ milik Samsung, Google mengembangan fitur Androd at Work untuk pengguna yang bekerja kantoran atau di dunia usaha. Fitur ini dapat melakukan sinkronisasi perangkat untuk memisahkan data-data perusahaan dengan data-data yang bersifat pribadi. Aplikasi Office ini juga memiliki fitur pengamanan yang berlapis-lapis demi menjaga kerahasiaan perusahaan.

Hadir untuk semua perangkat Android

Sistem operasi terbaru ini ternyata memang disiapkan Google untuk disuntikkan pada alat-alat elektronik lain buatan Google. Kini, Android L bukan hanya bisa dinikmati oleh smartphone dan tablet saja, tetapi pada Android Auto untuk mobil otomatis besutan Google, Android Wear untuk wearable device seperti jam tangan dan kacamata pintar, dan juga pada Android TV.

About the author /


Related Articles

Post your comments