Cara Backup Data Pada Perangkat iPhone

iCloud-Backup-iOS

CiriCara Tekno – Pengguna iPhone pastinya sering melakukan berbagai aktifitas seperti menginstal aplikasi atau upgrade OS. Karena banyaknya hal yang dilakukan lewat iDevice, tentunya anda harus berhati-hai karena bisa saja Anda mengalami kehilangan data akibat kesalahan sistem atau sering munculnya fatal error.

Sebagai bentuk antisipasi, tak ada salahnya melakukan backup untuk melindungi data-data penting dalam perangkat iPhonemilik Anda. Untuk melakukan backup data pada iPhone, bisa dilakukan dengan cara berikut:

Backup data dengan iTunes

Cara yang paling banyak dilakukan untuk membackup data iPhone adalah dengan menggunakan iTunes. Cara ini juga tidak terlalu sulit karena Anda cukup memasang program iTunes terlebih dahulu di komputer dan menghubungkannya iDevice Anda yang juga sudah terpasang iTunes via kabel data. Setelah itu, Anda tinggal melakukan sinkronisasi iPhone dengan komputer. Pilih menu Backup dan Anda tinggal menunggu iTunes melakukan backup data. Perlu diingat, jangan pernah memilih membatalkan ketika proses backup sedang berjalan karena hal ini dapat membuat Anda kehilangan data.

Backup data dengan iTunes WiFi

Anda juga bisa memanfaatkan koneksi WiFi untuk melakukan backup data. Sama dengan cara pertama, hanya saja Anda bisa menghubungkan iDevice ke komputer tanpa bantuan kabel data. Namun untuk melakukan hal ini, minimal Anda harus menggunakan iOS 5 dan menginstal iTunes versi 10.5. Jika belum, Anda bisa mengupgrade software terlebih dahulu ke versi tersebut.

Untuk menggunakan fitur WiFi, Anda harus menyinkronkannya dengan WiFi Sync. Sambungkan terlebih dahulu iPhone ke komputer via kabel microUSB. Setelah itu, jalankan iTunes dan cari pilihan SummarySync with this iPhone/iPad Over WiFi – pilih Apply untuk melakukan sinkronisasi. Setelah itu, Anda bisa melakukan restart pada perangkat dengan mematikan iTunes terlebih dahulu. Sinkronisasi pun selesai dan Anda bisa membackup data dengan memilih Settings AppiTunes WiFi Sync pada iDevice Anda.

Backup data dengan iCloud

Layanan berbasis Cloud juga bisa digunakan untuk backup data karena lebih praktis. Apple sendiri menyediakan layanan iCloud untuk pengguna iOS dengan kapasitas 5 GB secara gratis. Layanan ini berfungsi sebagai media penyimpanan data dan juga bisa sebagai tempat untuk memindahkan data dari satu iDevice ke perangkat iOS lainnya.

Sebelum menggunakan iCloud, pastikan perangkat telah menggunakan iOS terbaru. Anda juga harus membuat akun iCloud terlebih dahulu untuk melakukan backup. Masuukan Apple ID Anda, lalu pilih SettingiCloud – kemudian masuk pada bagian Storage Backup – pilih submenu iCloud Backup untuk melakukan proses backup. Cara ini cukup mudah dan tidak terlalu sulit jika Anda ingin menyimpan data dan file dalam layanan cloud.

About the author /


Related Articles

Post your comments