Cara Menginstal Aplikasi Android di Blackberry

blackberryz10_android

CiriCara Tekno – Meski digempur oleh perangkat Android dan iOS serta Windows Phone, Blackberry masih memiliki tingkat pengguna yang cukup tinggi di dunia. Vendor asal Kanada ini masih merilis versi terbaru dari sistem operasinya yang diberi nama Blackberry 10 atau BB10 dengan desain menawan dan spesfifikasi yang menarik. Salah satu pembaharuan dari OS teranyar ini adalah kemampuan untuk menginstal aplikasi Android.

Pemasangan aplikasi Android tentu menjadi daya tarik tersendiri karena pengguna dapat merasakan pengalaman Android meski menggunakan perangkat Blackberry. Dengan aplkasi berfromat .APK dari sumber manapun, Anda dapat menginstalnya di perangkat BB10. Memasang aplikasi Android tersebut juga cukup mudah. Jika Anda masih mengalami kesulitan, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Cari aplikasi Android dengan format .APK

Cari aplikasi tersebut dengan cara gugling. Menginstal aplikasi Android tidak bisa melalui toko aplikasi Blackberry World yang menjadi default market dalam OS Blackberry, Anda bisa mencari aplikasi berformat .APK tersebut dari berbagai sumber. Sebaiknya cari aplikasi yang dirancang untuk OS Android 4.2 (Jelly Bean) ke atas.

Karena bukan berasal dari toko resmi Google Play Store, aplikasi tersebut belum tentu terjamin keamanannya. Namun Anda bisa mendapatkan aplikasi yang aman dan bebas dari virus atau malware di situs-situs terpercaya dan terbukti aman seperti Amazon App Store, Snap APK Downloader, APK Train, dan 1mobile Market yang menjadi toko penyedia aplikasi digital.

2. Pindahkan Aplikasi ke perangkat Blackberry

Setelah menemukan aplikasi tersebut, langkah selanjutnya adalah memindahkan aplikasi berformat .APK itu ke dalam perangkat Blackberry milik Anda. Caranya dengan mengunduh langsung file tersebut di perangkat Blackberry jika sumber mendukung unduhan, mengirimkan file .APK ke alamat email sendiri, atau mengcopynya dari komputer ke perangkat BB10 menggunakan kabel data.

3. Instal aplikasi di perangkat Blackberry

Jika mengunduh aplikasi tersebut langsung dari perangkat Blackberry, akan muncul jendela download yang menanyakan nama yang digunakan dan tempat untuk menyimpan file .APK tersebut. Setelah selesai mendownloadnya, proses instalasi akan berjalan dan aplikasi telah sukses terrpasang di perangkat Blackberry.

Sementara jika Anda memindahkan file.APK yang telah diunduh via komputer dan dipindahkan secara manual menggunakan kabel data, Anda harus mencari aplikasi tersebut yang akan tersimpan di bagian Document and Files. Selanjutnya Anda tinggal mengklik file tersebut untuk memulai proses instalasi. Namun sebelum menginstal, Anda bisa mengatur perangkat untuk melakukan penginstalan aplikasi dari sumber luar dengan masuk ke Setting – klik App Manager – pilih Installing Apps – ubah Permission menjadi On.

About the author /


Related Articles

Post your comments