Ingin Belanja Online Menggunakan Kartu Kredit, Perhatikan Tips Berikut

CiriCara Tekno – Kecanggihan teknologi saat ini memberikan kemudahan dalam segala hal, termasuk berbelanja. Lewat online shopping, kita tak perlu repot keluar rumah dan bisa melakukan pembelian kapan dan dimana saja. Bahkan, ada beberapa barang yang justru lebih mudah ditemukan lewat belanja online atau barang yang dibanderol lebih murah dari harga pasaran.

Untuk melakukan pembayaran, tersedia beberapa pilihan seperti transfer bank, rekening bersama, Cash on Delivery (COD), Paypal atau menggunakan kartu kredit. Cara yang terakhir kerap digunakan sebagai sarana pembayaran. Namun Anda juga harus berhati-hati karena saat ini ada banyak jenis penipuan yang menyasar pengguna kartu kredit.

Sebelum Anda menjadi korban penipuan, sebaiknya perhatikan tips-tips berikut jika ingin belanja online secara mudah dan aman dengan menggunakan kartu kredit.

  1. Jika Anda menerima email yang meminta informasi detail mengenai kartu kredit yang digunakan, sebaiknya abaikan saja sekalipun email tersebut berasal dari bank tempat Anda menabung. Ini bisa menjadi bentuk proteksi awal agar informasi kartu kredit Anda tetap aman.
  2. Jangan memasukkan nomor kartu kredit pada situs yang tidak aman. Pastikan situs yang meminta nomor kartu kredit Anda menggunakan “https” bukan “http”. Selain itu, pastikan juga ada logo gembok di bagian kiri bawah browser atau pada bagian atas.
  3. Saat berbelanja online dengan kartu kredit, sebaiknya dilakukan saat jaringan atau komputer tidak diunakan oleh orang lain. Melakukan pembayaran kartu kredit, misalnya saat online di warnet, tentu sangat riskan dan tidak aman. Mungkin saja Anda lupa logout sehingga infromasi yang masih di dalam kompuer tersebut digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.
  4. Jangan menyimpan informasi karti kredit di berbagai tempat, terutama di situs-situs yang kurang kredibel. Aksi peretasan yang dilakukan oleh para hacker bisa membuat kartu kredit Anda disalahgunakan. Simpanlah di situs-situs yang terjamin keamanannya.
  5. Meski ada beberapa situs yang memberikan metode pembayaran lewat kartu debit, sebiknya gunakan kartu kredit saja. Hal ini adalah langkah pencegahan jika terjadi permasalahan dalam proses belanja yang dilakukan. Dengan kartu kredit, Anda bisa mengurus pembayaran dengan bank terkait. Sementara jika menggunakan kartu debit, hal itu sulit dilakukan karena uang berkurang secara otomatis dari rekening Anda.

About the author /


Related Articles

Post your comments