Kelebihan Kamera Pocket Yang Perlu Anda Ketahui

Kamera-Pocket

CiriCara Tekno – Kamera Pocket atau kamera saku memang semakin ditinggalkan karena fungsinya kini sudah diambil alih oleh smartphone. Namun kamera digital saku sebenarnya masih memiliki beberapa keunggulan dan keunikan yang tidak dimiliki oleh perangkat lain. Bentuknya yang kecil dan ringan serta mudah dibawa menjadi salah satu kelebihan kamera saku. Lantas apalagi kelebihan-kelebihan yang dimilikinya?

Ukuran ergonomis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamera saku memiliki ukuran yang lebih ergonomis yang pas di tangan dan mudah dimasukkan ke dalam kantung atau tas. Memang tidak jauh berbeda dengan HP, namun kamera pocket tentu memiliki bobot dan ukuran yang lebih nyaman.

Lebih simpel

Anda yang sering menggunakan kamera pocket pasti tahu jika penggunaan perangkat ini cukup simpel dan mudah. Proses kerjanya terbilang halus dan tidak berisik. Saat menyalakan kamera, Anda langsung ke mode pengambilan gambar dan siap untuk hunting.

Mode otomatis

Kamera saku dilengkapi dengan banyak fasilitas pemotretan otomotis sehingga dapat memudahkan pengguna. Bahkan, beberapa kamera saku kini sudah dilengkapi dengan modus manual.

Membidik LCD

Mungkin inilah yang menjadi kelebihan kamera saku manual yang masih menggunakan roll film dengan kamera digital. Kamera saku dapat membidik objek di kamera dengan menggunakan layar LCD yang besar sehingga lebih nyaman. Selain sebagai preview, layar LCD juga dapat digunakan untuk melihat hasil bidikan. Beberapa produsen kamera bahkan sudah menyematkan teknologi layar sentuh.

Perekam Video

Fitur perekam video dalam kamera saku terbilang lebih simpel dengan resolusi lebih rendah (640×480 pixel) namun masih cukup halus untuk diputar di layar TV konvensional. Anda yang sekali waktu ingin merekam momen dalam bentuk video tentu bisa memanfaatkan fitur ini.

Lebih mudah

Pengoperasian kamera saku juga terbilang mudah. Selain dapat digantung di leher agar lebih aman dan tidak mudah jatuh, kamera saku juga bisa digunakan untuk mengambil foto candid. Bentuknya yang kecil dan mudah dibawa tentu juga memudahkan Anda yang sedang melakukan aksi ‘mata-mata’. Hal ini tentu akan sulit dilakukan bila menggunakan kamera DSLR atau bahkan tablet.

Harga terjangkau

Dibanding DSLR, kamera saku memang lebih murah. Jika dibandingkan dengan smartphone premium yang memiliki fitur kamera mumpuni, kamera saku bahkan jauh lebih murah. Dengan harga di bawah Rp 1 juta pun, Anda sudah bisa mendapatkan kamera saku model terbaru dengan fitur dan performa mumpuni.

Baterai AA

Beberapa kamera pocket digital masih menggunakan baterai jenis AA yang bisa ditemukan di banyak tempat. Anda yang sedang berpergian jauh dan kehabisan baterai namun lupa membawa charger kamera tentu bisa mengakalinya dengan membeli baterai di toko pinggir jalan. Tentu saja ini tidak bisa dilakukan jika menggunakan kamera DSLR.

About the author /


Related Articles

Post your comments