Manfaatkan Fitur Blackberry 10 Untuk Maksimalkan Ibadah

bb10

CiriCara Tekno – Tak terasa kita sudah berada di pertengahan bulan Ramadhan. Bagaimana dengan ibadah puasa kita? Apakah belum ‘jebol’ hingga hari ini, atau tetap lancar meski sedikt ‘bolong-bolong’? Meskipun harus menahan lapar dan dahaga, tentunya kegiatan yang dijalankan harus tetap produktif.

Momen bulan puasa ini juga bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan ibadah. Kecanggihan teknologi pun bisa menjadi sarana untuk memaksimalkan kegiatan ibadah kita. Jika Anda adalah pengguna perangkat berbasis Blackberry 10, setidaknya ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk mendalami sisi spiritual Anda. Berikut diantaranya.

Alarm

Saat berpuasa, sangat dianjurkan untuk sahur agar tubuh tidak lemas dan lapar ketika menjalani aktifitas dari pagi hingga sore hari. Anda yang mengalami kesulitan untuk bangun pagi bisa menggunakan fitur ‘Multiple Alarm’ yang suadah ada pada perangkat Blackberry versi terbaru (10.2). Tak hanya itu, Anda juga bisa memberi label pada masing-masing alarm.

Caranya, tinggal masuk ke aplikasi jam (clock), lalu klik ikon di sudut kanan atas untuk mengakses multiple alarm dan klik ‘Add Alarm’ untuk menambahkannya. Alarm tersebut juga bisa diberi label, misalnya ‘Sahur’.

Aplikasi Islami

Pada momen Ramadhan, biasanya banyak developer yang merilis aplikasi bernafaskan Islam. Anda bisa menambahkan aplikasi Islami di Blackberry World untuk membantu menjalani ibadah puasa. Tak hanya itu, app store bawaan Blackbbery ini juga memiliki program spesial selama Ramadhan, yaitu menggratiskan satu aplikasi Islami berbayar setiap harinya.

BBM

Berbagi pesan kebaikan bernilai pahala, apalagi jika dilakukan di bulan puasa, pahalanya akan berlipat kali ganda. Anda pun bisa memanfaatkan salah satu aplikasi andalan dan populer milik Blackbberry yang bernama BBM(Blackberry Messenger). Aplikasi instant messaging ini bisa digunakan untuk mengingatkan sahur atau mengucapkan selamat berbuka. Agar lebih praktis, Anda bisa memanfaatkan fitur ‘Broadcast Message’ untuk mengirimkan pesan ke beberapa kontak sekaligus.

Browsing and Sharing

Fitur browser bisa dimanfaatkan untuk mencari tips dan informasi seputar Ramadhan agar ibadah kita jadi lebih lancar. Selain itu, Anda juga bisa membagikan informasi tersebut ke media sosial lewat fitur ‘Share’. Caranya, cukup tahan alamat website yang ingin dibagikan, pilih select all kemudian pilih share. Selanjutnya Anda tinggal memilih apakah ingin membagikan aplikasi tersebut ke BBM, Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya.

Reminder

Fitur ‘Reminder’ bisa dijadikan jurnal Ramadhan untuk membuat catatan penting seperti ibadah harian, berapa kali Anda sholat hari ini, sampai dimana ayat hafalan Al Quran yang dilakukan, atau amalan Dzikir yang perlu diingat. Tentunya ini sangat penting dan membantu mengevaluasi ibadah Anda selama bulan puasa.

About the author /


Related Articles

Post your comments