Perbedaan Android Auto Dengan Apple CarPlay

CiriCara Tekno – Google dan Apple saat ini memang tengah bersaing dalam berbagai bidang, termasuk dalam otomotif. Dirilisnya Android Auto pada ajang Google I/O beberapa waktu lalu tentu membuatnya bersaing dengan Apple yang beberapa bulan sebelumnya sudah merilis Apple CarPlay. Keduanya merupakan fitur pengambangan dari OS Android dan iOS yang dirancang khusus untuk memudahkan pengguna saat mengendarai mobil.

Android Auto rencananya akan drilis bersamaan dengan OS Android L yang akan dilepas ke pasaran. Sementara Apple CarPlay saat ini telah tersedia di beberapa vendor mobil global. Meski memiliki konsep yang hampir serupa, namun keduanya memiliki perbedaan yang menjadi ciri khas tersendiri. Apa saja perbedaan tersebut? Simak ulasannya.

User Interface

Tampilan antarmuka Android Auto dan Apple CarPlay memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Android Auto hadir dengan UI yang mirip aplikasi Google Now pada perangkat smartphone. Sedangkan Apple CarPlay lebih minimalis dan simpel dengan panel layar yang menampilkan icon khas iOS berukuran besar dengan shortcut menuju telepon, SMS, Apple Maps dan musik. Meski demikian, penggunaan keduanya hampir sama karena Android Auto dan Apple CarPlay kompatibel dengan tombol-tombol yang terdapat di dalam mobil.

Maps

Untuk dukungan aplikasi GPS, Android Auto hadir dengan Google Maps, sementara Apple CarPlay menggunakan Apple Maps yang bisa langsung digunakan melalui dashboard mobil Anda. Tak hanya sebagai peta digital, kedua fitur tersebut bisa digunakan untuk melakukan navigasi, menyusun rute, hingga memberikan estimasi waktu dan jarak tempuh. Meski memiliki tampilan yang sangat menarik, namun Apple Maps belum bisa menyaingi data milik Google Maps yang membuatnya lebih bisa diandalkan dalam perjalanan.

Asisten perintah suara

Baik Android Auto maupun Apple CarPlay dibekali dengan asisten perintah suara buatan vendor masing-masing. Android hadir dengan Google Now, sementara Apple memiliki fitur Siri. Namun, fitur Siri masih belum bisa berjalan maksimal jika digunakan disini karena belum mendukung bahasa Indonesia. Berbeda dengan Google Now yang dapat melakukan semua perintah dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan benar. Anda dapat memberi perintah seperti menentukan arah jalan, memutar musik, mencari kontak, hingga browsing internet.

Dukungan perangkat dan aplikasi pihak ketiga

Android Auto akan mendukung perangkat berbasis OS Android L yang jumlahnya tidak terhitung, sementara Apple CarPlay hanya sebatas pada iPhone 5, 5C dan 5S saja. Android Auto juga lebih unggul dari sektor aplikasi karena saat ini telah dilengkapi dengan 10 buah aplikasi Lifestyle dan kemungkinan akan terus bertambah. Bandingkan dengan Apple CarPlay yang hanya dilengkapi 6 aplikasi saja.

About the author /


Related Articles

Post your comments