Review: Captain America: The Winter Soldier, Game Action Superhero Dengan Sentuhan RPG

CiriCara Tekno – Sudah menonton film Captain America: The Winter Soldier? Kini keseruan kisah superhero Marvel tersebut tidak hanya hadir dalam layar lebar, tetapi juga dalam bentuk game mobile dengan judul yang sama. Kehadiran permainan ini tentu menjadi startegi Marvel untuk menaikkan pamor filmnya, apalagi game Captain America: The Winter Soldier dirilis di Google Play Store dan Apple App Store pada 27 Maret 2014, atau seminguu sebelum jadwal premiere film tersebut di seluruh dunia.

Seperti apa keseruan dan kisah Captain America dalam menumpas kejahatan? Simak ulasannya.

Deskripsi

Captain America: The Winter Soldier hadir dengan konsep yang sedikit berbeda dari versi layar lebar meski beberapa unsur penting dalam filmnya tetap dimasukkan ke dalam permainan. Berperan sebagai Captain America sang tokoh utama, pemain diharuskan untuk membasmi musuh dan kejahatan di tiap levelnya. Yang menarik, selain memakai formula action, game ini juga dimasukkan unsur-unsur RPG sehingga memiliki rasa yang sedikit berbeda dibanding game bergenre action lainnya.

Gameplay dan Control

Dalam game ini, pemain diharuskan untuk membunuh sindikat penjahat dan organisasi kriminal yang tersebar di seluruh dunia dengan dukungan tentara khusus S.H.I.E.L.D. Saat berhadapan langsung dengan musuh, pemain cukup melakukan sentuhan pada layar untuk mengendalikan tokoh utama dan menyerang musuh. Sang kapten juga melakukan gerakan lainnya secara otomatis sehingga lebih memudahkan dalam kontrol pemain. Khusus untuk serangan spesial berupa lemparan perisai milik Captain America, pemain bisa melakukan gerakan Drag pada musuh. Selain kontrol mudah dan otomatis, pemain juga dapat menggunakan virtual control yang memberikan keleluasaan pada pengendalian karakter.

Fitur

Salah satu keunggulan Captain America: The Winter Soldier adalah unsur RPG yang disuntikkan dalam permainan bergenre action ini. Sentuhan RPG tersebut adalah pemilihan anggota pasukan dan upgrade senjata yang membuat permainan terasa berbeda dibandingkan game bergenre action pada umumnya.

Pemain dapat merekrut pasukan dengan beragam kemampuan yang dimiliki seperti penembak jitu, ahli bertarung, atau dalam penggunaan senjata-senjata berat. Senjata milik para pasukan juga bisa diupgrade oleh pemain yang juga berpengaruh pada peningkatan karakter seperti Damage Point dan Health Point yang dimilikinya. Karakter utama atau Captain America juga bisa melakukan upgrade, hanya saja upgrade tersebut hanya terletak pada pemilihan kostum.

Grafis dan Sounds

Kualitas grafis pada game ini terbilang baik dan menarik. Tampilan visual yang ditonjolkan bergaya grafis kartun komik sehingga membuat tampilan seluruh karakter di dalam game ini mirip dengan yang di film. Dukungan grafis juga semakin terasa berkat efek tulisan yang umum hadir dalam komik besutan Marvel. Untuk sounds juga cukup baik dengan ciri khas theme khas Captain America.

Kesimpulan

Sebagai developer, Gameloft membesut game ini dengan pola permaian, tampilan grais dan unsur RPG mumpuni sehingga menjadikannya sebagai salah satu game adaptasi yang menarik. Sayangnya, Captain America: The Winter Soldier hadir dengan IAP (In-App Purchase) yang tergolong mahal. Untuk pengguna iOS, Anda bisa mengunduh permainan inimdengan menebus sebesar Rp 35.000. Sementara untuk perangkat Android meski hadir dengan versi gratis, Anda hanya bisa memainkan 2 level saja sehingga harus mengunduh versi berbayar untuk menikmati keseruannya.

About the author /


Related Articles

Post your comments