Review: Fiz : The Brewery Management Game, Game Simulasi Tentang Pembuatan Bir

CiriCara Tekno – Game mobile memang mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Kehadiran perangkat dengan OS untuk smartphone dan tablet menjadi pemicu banyaknya aplikasi game berbasis mobile yang bermunculan. Bahkan beberapa developer bebas berkreasi pada beberapa genre game dengan penambahan grafis, karakter menawan, hingga jalan cerita yang lebih menarik.

Salah satu game terbaru yang menghadirkan konsep sederhana namun menghibur adalah Fiz: The Brewery Management Game. Game simulasi besutan Bit by Bit Studios ini hadir dengan berbagai perubahan namun tidak meninggalkan ciri khas permainan simulasi. Seperti apa keseruannya? Simak dalam review berikut.

Deskripsi dan Konsep

Pemain Fiz: The Brewery Management Game akan memainkan seorang karakter yang memutuskan resign dari pekerjaannya di kota dan memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya. Kenikmatan bir di tempat kelahirannya membuatnya berkecimpung dalam bisnis minuman bir. Di awal permainan, Anda akan memulai dengan mesin seadanya untuk mencari keuntungan. Setelah mendapat untung, Anda bisa melakukan upgrade mesin dan mengembangkan perusahaan ke level tertinggi.

Gameplay dan Controls

Konsep permainan ini terbilang sederhana namun susah-susah gampang. Fiz: The Brewery Management Game memberikan tantangan berbeda seiring meningkatnya level pemain. Untuk memainkan game ini , dibutuhkan kesabaran dan strategi yang tepat. Anda harus memproduksi bir, menjualnya, dan memanfaatkan uang tersebut untuk mengubah pabrik kecil-kecilan di garasi menjadi pabrik besar berisikan mesin-mesin canggih.

Level dan Story

Pengembang menawarkan sistem baru untuk memberikan keseruan yang berbeda dibanding game simulasi lainnya. Terdapat beberapa sistem seperti sistem resep pembuatan bir, sistem karyawan, hingga sistem pemasaran. Sistem resep pada game ini ini juga cukup menarik, pemain bisa mendapatkan resep dengan cara membeli langsung resep yang dijual, bereksperimen dengan mencampurkan beberapa bahan ke grid atau menangkap tikus di pabrik yang menjatuhkan pecahan resep dan bisa dikumpulkan untuk membuka resep baru. Meski terasa sulit, cara terakhir ini akan membantu Anda mendapatkan resep tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Di awal permainan, Anda akan mendapatkan bantuan karyawan, yaitu tiga teman masa kecil yang rela bekerja gratis untuk menjalankan usaha. Namun setelah mencapai titik tertentu, Anda harus mengganti karyawan gratis ini dengan karyawan lain yang lebih kompeten. Setiap kali produksi, Anda akan selalu membutuhkan tiga karyawan dengan Anda sendiri sebagai karakter keempat dan harus meletakkan masing-masing karakter ke posisi yang berbeda-beda. Selain itu, jumlah, kualitas dan waktu produksi tidak hanya ditentukan dari status karyawan tetapi juga dari tingkat upgrade mesin. Fiz: The Brewery Management Game juga mengharuskan Anda menghitung banyak faktor dalam produksi dan penjualan bir seperti faktor biaya, faktor pelanggan dan faktor kompetisi.

Graphic dan Sounds

Game simulasi ini memiliki grafis 2D yang berwarna dengan background yang cukup menarik meski terkesan monoton. Efek-efek animasinya di dalamnya juga sangat berwana dan fun. Sayangnya sounds untuk game ini terbilang membosankan.

Kesimpulan

Sebagai aplikasi game berbayar, Fiz: The Brewery Management Game menghadirkan kesenangan dan juga kecanduan. Game ini pun lebih cocok bila dimainkan pada perangkat berlayar lebar agar lebih puas bermain. Karena tidak menggunakan IAIP, waktu menungu otomatis akan jauh lebih cepat. Dengan membayar sejumlah Rp 25.000, Anda bisa mengunduh game ini dan cukup menyediakan kapasitas memori 9 MB dan OS Android 2.2 ke atas.

About the author /


Related Articles

Post your comments