Review: Nikon Coolpix S6500

nikon

CiriCara Tekno – Nikon sebagai salah satu produsen kamera digital ternama memang berfokus pada kamera kompak. Salah satu jajaran produk kamera digital miliknya yang cukup menarik perhatian adalah Nikon Cooplix S6500. Melanjutkan seri S, kamera ini memiliki bentuk yang kecil dan ringan serta dibekali image sensor dan lensa terbaik yang dapat menangkap gambar dalam kondisi minim cahaya.

Untuk sebuah kamera saku digital, Nikon Coolpix S6500 terbilang cukup lengkap mulai dari desain mungil dan lensa dengan 12x optical zoom yang disematkannya. Apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh perangkat ini? Berikut pemaparannya.

Desain

Nikon Coolpix S6500 hadir dengan desain yang stylish dan kokoh namun terlihat mungil, bahan material berkualitas, dan berukuran 95.4 x 58.3 x 26.3 dengan berat 150 gram. LCD touchscreen seluas 3 inci dengan teknologi Brightness Control juga sudah disematkan pada kamera ini. Secara keseluruhan, bentuk kamera sangat pas di tangan dan keseluruhan bodi terasa ringan.

Control

Tombol-tombol pengaturan pada perangkat ini tertata rapi layaknya tombol pengaturan khas kamera digital lainnya. Namun, Nikon memisahkan tombol perekam video sehingga Anda bisa langsung merekam momen tanpa perlu repot mencari di deretan menu mode pengamblan gambar. Kekurangan dari segi kontrol hanyalah desainnya yang rata sehingga sedikit menyulitkan Anda yang berjari besar.

Performa

Nikon Coolpix S6500 dipersenjatai dengan teknologi terbaik, salah satunya lensa CMOS Sensor dengan resolusi 16 MP yang dikombinasikan dengan Lensa NIKKOR 35mm equiv: 25-300mm sehingga mampu menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik. Resolusi gambarnya maksimal 4624 x 3464 pixel hingga yang terkecil 480 x 480 pixel dan menghasilkan foto dalam format JPEG. Kemampuan merekam video miliknya juga sekualitas HD (1920 x 1080 pixel) dengan video berformat MOV. Kamera digital ini juga dilengkapi dengan ISO 125 hingga ISO 3200 dengan pengaturan ISO manual yang mencapi 12,800.

Mode pengambilan gambarnya terdri dari Standard, Portrait, Landscape, Neutral, Intelligent Audio, Sunset, Snow, hingga Panorama. Ada juga fitur khas bawaan kamera digital umumnya seperti Autofocus, Manual Focus, Exposure Control Systems, auto dan manual ISO serta Auto white balance with the image sensor dan White balance correction.

Fitur

Kamera digital ini memiliki fitur 12x optical zoom dan 2x digital zoom sehingga Anda dapat menangkap gambar dengan lebih rinci. Teknologi Lens-shift (VR) vibration reduction di dalamnya juga mampu mengurangi noise dan blur pada hasil bidikan. Tak lupa Coolpix S6500 juga dilengkapi Built-in WiFi sehingga Anda bisa memindahkan data ke perangkat lainnya dengan lebih mudah.

Kesimpulan

Untuk sebuah kamera saku digital, Nikon Coolpix S6500 memiliki fitur 12x optical zoom yang terbilang besar di kelasnya. Hasil bidikan melalui lensa khususnya juga dapat menangkap gambar dalam mode wide angle dan portrait dengan baik. Sayangnya kelemahan kamera ini adalah cukup mengecewakan pada mode pengambilan gambar makro dan boros baterai. Namun performa dan fitur-fiturnya yang mumpuni membuat kamera dengan banderol sekitar USD 160 ini layak menjadi pilihan.

About the author /


Related Articles

Post your comments