Review: Nokia Lumia 630

Lumia-630-1

CiriCara Tekno – Meski telah diperkenalkan secara global pada April 2014 kemarin, Nokia Lumia 630 baru resmi dipasarkan di tanah air pada bulan Juli ini. Tentunya sudah banyak penggemar setia Nokia yang menantikan produk terbaru mereka. Nokia Lumia 630 hadir dengan fitur-fitur menarik serta menggunakan OS terbaru, yakni Windows Phone 8.1.

Seperti apa keunggulan dan kelebihan lain yang dimiliki oleh ponsel bernuansa ceria ini? Simak ulasannya.

Desain

Tampilan fisik Nokia 630 tak jauh berbeda dari produk-produk Nokia sebelumnya. Bentuk kotak dengan sedikit membulat di tiap sudutnya dan sentuhan warna-warni masih menjadi andalan. Ponsel ini berukuran 129.5 x 66.7 x 9.2 mm dengan berat 134 gram sehingga cukup ringan untuk dibawa beraktifitas. Material bodi terbuat dari plastik polycarbonate yang pas dalam genggaman dan tidak mudah jatuh.

Layar

Untuk display, Nokia menggunakan teknologi IPS seluas 4.5 inci dengan resolusi 480×854 pixel, kepadatan 218 ppi serta kedalaman 16 juta warna. Ada juga fitur ClearBlack Display yang dapat menampilkan segala sesuatu pada layar dengan baik meski digunakan di tempat yang banyak cahaya. Teknolgi Corning Gorilla Glass 3 juga sudah disematkan sebagai proteksi terhadap layar.

Hardware

Dapur pacu ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 400 dengan proseor Quad-core berkecepatan 1.2 GHz. GPU menggunakan Adreno 305 untuk mendukung sektor grafis. Namun RAM Lumia 630 terbilang kecil untuk ponsel sekelasnya, yakni hanya sebesar 512 MB.

Pengguna juga dapat menyimpan data dan file dalam internal storage sebesar 8 GB yang dapat diekspansi dengan slot microSD hingga 128 GB. Tersedia juga OneDrive sebesar 15 GB secara gratis yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan memindahkan file seperti musik, lagu dan aplikasi. Sebagai penunjang daya, baterai Li-Ion berkapasitas 1830 mAh bisa menjadi andalan.

Kamera

Fitur kamera pada Lumia 630 terbilang standar dan tidak istimewa ditambah minus kamera sekunder. Di bagian belakang ponsel, terdapat kamera sebesar 5 MP (2592×1944 pixel) tanpa dukungan LED flash sehingga pengguna perlu memperhatikan pencahayaan ketika akan mengambil gambar. Kendati demikian, kamera masih dibekali dengan autofocus, geo-tagging, panorama, aperture f1/4, dan perekam video 720p.

Konektivitas

Ponsel ini mendukung kapabilitas dual-SIM sehingga memberikan fleksibilitas dalam berselancar di dunia maya. Pengguna dapat menggunakan jalur 3G HSPA untuk sekedar browsing, sosial media, upload foto atau video, hingga nonton online di YouTube. Selain itu tersedia pula koneksi alternatif seperti WiFi, Bluetooth dan microUSB.

Fitur Unggulan

Karena menggunakan OS Windows Phone 8.1, Nokia Lumia 630 dilengkapi dengan berbagai macam fitur unggulan seperti Microsoft Office Mobile, Nokia Camera. MixRadio, HERE Drive+, HERE Maps, Skype serta OneDrive.

Fitur Smart Dual-SIM miliknya juga memberikan fleksibilitas seperti pengguna dapat menerima panggilan dari SIM card 2 apabila SIM Card 1 tidak mendapatkan sinyal. Ada pula Action Center yang dapat mengintegrasikan semua notifikasi hanya dnegan satu sentuhan atau swipe. Nokia juga menyediakan Windows Phone Store sebagai toko aplikasi digital miliknya.

Kesimpulan

Windows Phone memang tengah gencar mengekor Android dan iOS sebagai platform terbaik dengan mengandalkan produk Nokia miliknya. Meski hadir dengan banderol murah sekitar Rp 1,9 jutaan, Nokia Lumia 630 masih memiliki beberapa kekurangan dibanding kompetitor di kelasnya seperti kamera yang ‘seadanya’ serta RAM yang kecil. Meski begitu, ponsel ini mampu menghadirkan pengalaman Windows Phone yang menarik melalui fitur-fitur yang disuntikkan di dalamnya.

About the author /


Related Articles

Post your comments