Review: Xiaomi Mi Pad, Tablet Murah Berkualitas Dengan Spesifikasi Mumpuni

Xiaomi-MiPad

CiriCara Tekno – Pada pertengahan Mei lalu, Xiaomi memperkenalkan produk tablet terbarunya yang memiliki ukuran 7.9 inci dan menggunakan prosesor Quad-core besutan Nvidia Tegra K1. Sekilas, tablet yang diberi nama Mi Pad ini secara fisik mirip dengan Apple iPad dan bentuk casing yang serupa dengan iPhone 5C. Harga perangkat ini pun jauh lebih ekonomis meski di dalamnya terdapat berbagai teknologi mumpuni.

Seperti apa fitur dan spesifikasi lainnya dari tablet ini? Simak ulasannya.

Desain

Hadir dengan dimensi 202 x 135.4 x 8.5 mm dengan berat 360 gram, Xiaomi Mi Pad memiliki desain yang simpel, ergonomis dan terkesan fun. Ditambah perangkat ini juga memiliki pilihan warna Backcover yang berwarna-warni layaknya iPhone 5C.

Di sektor layar, tablet ini menggunakan teknologi IPS capacitive touchscreen berukuran 7.9 inci dengan resolusi 1536×2048 pixel, kerapatan 326 ppi dan ketajaman 16 juta warna. Proteksi layar dari Corning Gorilla Glass 3 juga sudah tersemat guna meminimalisir baret dan goresan.

Fitur

Fitur kamera pada tablet in terbilang cukup wah. Kamera utamanya memiliki resolusi 8 MP (3264×2448 pixel) dengan aperture f/2.0 serta kemampuan merekam video beresolusi 1080p. Sementara kamera depan mengandalkan lensa bersensor 5 MP. Sayangnya kamera utama tidak dilengkapi dengan LED flash sehingga kualitas gambar yang dihasilkan kurang maksimal pada kondisi pencahayaan minim.

Untuk konektifitas, pengguna hanya bisa memanfaatkan jalur WiFi karena Xiaomi Mi Pad tidak dilengkapi dengan slot SIM Card sehingga tak dapat mengakses jalur data. Selain itu, masih ada fitur konektifitas lokal yang masih bisa dimanfaatkan seperti Bluetooth dan microUSB.

Beberapa fitur pendukung lainnya antara lain GPS, Music dan Video Player. Pengguna juga dapat megunduh ribuan apikasi seperti game dan theme di Xiaomi App Store yang bisa menjadi toko digital alternatif selain Google Play Store.

Performa

Kinerja tablet ini sangat baik berkat dapur pacu yang dijejali oleh chipset Nvidia Tegra K1 Cortex-A15 dengan prosesor Quad-core berkecepatan 2.2 Ghz serta dukungan RAM 2 GB. Aktivitas berat seperti bermain game HD, streaming video serta multitasking bisa dilakukan dengan lembut dan responsif. Prosesor grafisnya menggunakan 192 Core Kepler. Sementara sistem operasi yang disuntikkan adalah Android 4.4.2 KitKat.

Xiaomi Mi Pad terdiri dari dua pilihan berdasarkan kapasitas memori internal, yakni 16 GB dan 64 GB. Pengguna juga bisa melakukan ekspansi via slot microSD hingga 128 GB. Sebagai penunjang daya, baterai Li-Po berkapasitas 6700 mAh sudah ditanamkan pada perangkat ini.

Kesimpulan

Tablet besutan vendor asal Tiongkook ini memang didesain khusus untuk mengakomodasi aktifitas multimedia pengguna. Desainnya mirip seperti iPad dengan kualitas layar yang diklaim melebihi Retina Display pada produk Apple tersebut. Sayangnya Xiaomi Mi Pad tidak didukung dengan slot SIM card dan minus LED flash. Namun dengan benderol Rp 2 jutaan, pengguna sudah bisa mendapatkan tablet dengan prosesor mumpuni dan berkualitas oke.

About the author /


Related Articles

Post your comments