11 Pertanyaan Apakah Kamu Kecanduan Internet?

Kecanduan Internet

CiriCara Tekno – Internet bukan lagi hal yang asing untuk masyarakat sekarang. Hampir semua masyarakat, khususnya yang ada di kota besar sudah mengenal internet. Bahkan mereka juga sering memakai internet dalam aktivitasnya seperti chatting, video call, dll.

Internet memang mempunyai banyak manfaat dan sisi positif lainnya. Tapi, internet juga bisa membawa efek yang negatif jika tidak cermat dalam memakainya, seperti efek kecanduan. Ternyata internet ini juga bisa menimbulkan rasa kecanduan.

Seperti yang dilansir pusat kecanduan internet, ReSTART yang berbasis di Seattle, ada 11 pertanyaan untuk mengetahui apakah seseorang telah kecanduan internet. Menurut Executive Director ReSTART, Hilarie Cash jawaban dari pertanyaan tersebut bisa jadi tanda apakah seseorang itu sudah kecanduan internet atau tidak.

Berikut 11 pertanyaan untuk mengetahui apakah kamu sudah kecanduan internet atau tidak:

1. Apakah kamu merasakan perasaan senang yang berlebih saat browsing situs favorit? Merasakan sensasi berlebih saat menggunakan internet bisa jadi ciri kecanduan.

2. Apakah kamu lebih banyak menghabiskan waktu untuk memakai internet? Kebanyakan menilai hal ini biasa atau hanya kebiasaan. Tapi jika sampai menimbulkan rasa tidak tenang saat tidak ada internet, artinya kamu sudah kecanduan.

3. Apakah kamu berusaha mencoba untuk mengontrol penggunaan internet tapi tidak berhasil?

4. Apakah kamu sering mengabaikan keluarga atau teman saat memakai internet?

5. Apakah kamu malas melakukan kegiatan lain di dunia nyata dan lebih senang bermain internet? Menarik diri dari kegiatan di dunia nyata dan lebih memilih dunia maya, bisa jadi ciri kecanduan internet

6. Apakah internet sering mengganggu sekolah atau pekerjaan kamu? Misal, tetap online saat sekolah atau bekerja.

7. Apakah kamu tetap memikirkan internet meski tidak sedang memakainya? Misal, memikirkan apa yang akan kamu lakukan saat online nanti atau memikirkan apa yang sudah dilakukan di internet beberapa waktu lalu.

8. Apakah kamu jadi sering begadang karena dorongan untuk online?

9. Apakah kamu mengalami perubahan berat badan, atau mengalami sakit punggung, sakit kepala, atau carpal tunnel? Mungkin ini dampak karena tidak bisa lepas dari internet.

10. Apakah kamu sering berbohong hanya demi bisa online di internet?

11. Apakah kamu sering berbohong dan menyembunyikan aktivitas kamu di internet?

Hayo apa jawaban kamu? Menurut Hilarie Cash, jika kamu menjawab “ya” sedikitnya pada lima pertanyaan tersebut, maka itu artinya kamu sudah kecanduan internet.

About the author /


Related Articles

Post your comments