4 Alasan Kenapa Kuota Internet Kamu Cepat Habis

Kuota Internet

CiriCara Tekno – Internet sudah menjadi gaya hidup masyarakat zaman sekarang. Ada yang memakai internet untuk kerja, baca berita, sampai bermedia sosial. Apalagi saat ini sudah banyak smartphone yang bisa dipakai untuk mengakses internet kapan pun dan di mana pun, asal ada jaringan internetnya.

Kemudahan dalam menggunakan internet sering membuat kita tidak sadar bahwa kuota internet yang dipunya terbatas. Akibatnya kita sering kaget saat sedang asik-asiknya berselancar di dunia maya, tiba-tiba muncul pemberitahuan kuota internet telah habis.

Kenapa kuota internet cepat habis? Apakah ini ulah provider yang curang? Jangan asal tuduh dulu, mungkin ini alasan kenapa kuota internet kamu cepat habis:

1. Mengunduh atau mengunggah file

Coba ingat-ingat kembali berapa file (video, gambar, atau lagu) yang sudah kamu unduh (download) atau unggah (upload). Perlu kamu tahu mengunduh dan mengunggah file ini sangat menguras kuota internet. Jadi sebelum mengunduh/mengunggah, pastikan dulu ukuran file tersebut tidak terlalu besar atau tidak melebihi sisa kuota internet yang kamu miliki.

2. Obrolan video

Melakukan panggilan atau obrolan video via Skype, FaceTime, atau aplikasi chatting lainnya akan membuat kuota internet kamu cepat habis. Namun demikian, besaran kuota yang terpakai itu berbeda-beda tergantung lama dan besar resolusi video yang ditampilkan. Semakin besar berarti semakin boros.

3. Game online

Beberapa game online ada yang hemat kuota internet seperti “Two Dots” atau “Words With Firend”. Tapi ada juga yang boros, terutama yang jenis real-time seperti “Asphalt 8” atau “Modern Combat 5: Blackout” yang bisa menghabiskan 1MB per menit.

4. Streaming

Streaming atau menonton video/mendengarkan musik secara online juga sangat menguras kuota internet. Setiap detik kuota internet kamu akan terus tersedot saat mendengarkan musik atau menonton video secara online. Parahnya lagi, kamu tidak bisa mengawasi berapa kuota internet yang terpakai dan tahu-tahu langsung habis.

Tapi, kalau tidak melakukan keempat hal di atas, apa asiknya pakai internet? Sebenarnya kamu tidak harus menghindari hal-hal tersebut. Kamu tetap boleh kok streaming atau melakukan video call, namun tentu jangan terlalu sering agar kuota internet kamu tidak cepat habis.

Baca juga: Daftar Aplikasi yang Boros Kuota Internet

About the author /


Post your comments