5 Aplikasi Untuk Melacak Laptop yang Hilang

LockItTight

CiriCara Tekno – Sebagai salah satu alat eletronik yang berharga dan mudah untuk dibawa kemana-mana, laptop sering menjadi sasaran pencurian. Karenanya para pemilik laptop diminta untuk lebih berhati-hati lagi dan lebih waspada.

Kehilangan laptop bisa menjadi hal yang sangat buruk buat Anda. Apalagi jika di dalam laptop tersebut terdapat dokumen pribadi yang sifatnya penting. Hal ini tentu akan membuat Anda langsung panik dan dibuat bingung harus berbuat apa.

Nah, sebelum hal itu terjadi pada laptop Anda, sebaiknya segera bekali laptop dengan aplikasi pelacak lokasi atau biasa disebut dengan GPS. Dengan aplikasi ini keberadaan laptop yang dicuri bisa diketahui.

Berikut 5 aplikasi untuk melacak laptop yang hilang:

1. Prey

Aplikasi Prey

Prey

Aplikasi Prey tersedia untuk laptop berbasis Windows, Mac OS X, dan Linux. Aplikasi pelacak laptop ini tersedia secara gratis, namun dengan fitur yang terbatas. Jika ingin mendapatkan fitur yang lengkap pengguna harus membayar Rp 65 ribu per bulan.

Dengan aplikasi Prey, Anda bisa melacak lokasi laptop yang hilang melalui website Prey. Selain lokasi laptop, Prey juga bisa membantu Anda untuk mengambil gambar candid si pencuri laptop. Untuk mencegah pencuri mengakses laptop, Prey juga menyediakan fitur penguncian.

2. Find My Mac

Find My Mac

Find My Mac

Aplikasi pelacak lokasi ini tersedia hanya untuk laptop keluaran Apple. Untuk menggunakan Find My Mac, pilih menu “Sytem Preference” lalu iCloud dan centang kotak pada keterangan Find My Mac. Setelah aktif, aplikasi ini akan dengan mudah melacak laptop Anda jika hilang. Aplikasi ini tersedia secara gratis, namun fiturnya lebih sedikit dibanding Prey yang berbayar.

Untuk sistem keamanannya, Find My Mac juga menyediakan fitur mengunci dengan kata sandi. Jadi tidak sembarang orang bisa mengakses laptop Anda, kecuali orang yang sudah tahu kata sandi yang Anda pakai. Selain laptop, aplikasi ini juga bisa dipakai di perangkat Apple lainnya.

About the author /


Post your comments