Apa Itu GPU Pada Android?

GPU Nvidia

CiriCara Tekno – Kamu pernah menemukan keterangan GPU pada perangkat smartphone Android? Apa sih yang dimaksud GPU itu? Dan apa fungsi atau kegunaan GPU itu sendiri? Apakah itu penting buat perangkat Android?

GPU adalah singkatan dari Graphics Processing Unit. GPU ini merupakan chip tambahan dari CPU yang berfungsi untuk mengolah grafis. Tidak hanya untuk smartphone Android, GPU ini juga sudah dipakai di perangkat elektronik lain seperti komputer atau laptop.

Dengan adanya GPU, smartphone Android kamu jadi bisa memutar atau memainkan game dengan grafis tinggi seperti high definition (HD) atau 3D HD. Semakin tinggi spesifikasi GPU yang dipakai, maka semakin bagus kualitas grafis yang dihasilkan.

GPU pertama kali dipelopori oleh NVIDIA pada tahun 1999. Saat itu NVIDIA berhasil meluncurkan GPU pertama di dunia yang diberi nama GeForce 256. Seiring perkembangan teknologi, perusahaan pembuat chip yang lain pun ikut meluncurkan GPU mereka.

Berikut jenis-jenis Graphics Processing Unit (GPU):

1. PowerVR

PowerVR merupakan pemain lama dalam urusan GPU. Namun karena kalah dominasi dari perusahaan lain, saat ini PowerVR memilih untuk tidak memproduksi GPU sendiri. Mereka hanya membuat draft arsitekturnya dan kemudian menjual linsesi tersebut ke perusahan lain, seperti Intel, NEC, Freescale, dan Texas Instruments.

GPU PowerVR terbaru bisa kita temui di smartphone iPhone 5S, yakni PowerVR G6430.

2. Tegra

Tegra adalah GPU besutan NVIDIA yang ditujukan untuk perangkat smartphone, PDA, dan perangkat internet mobile. Tegra ini sendiri sudah memiliki beberapa tingkatan diantaranya adalah Tegra 2, Tegra 3, Tegra 4, dan Tegra K1.

GPU Tegra ini bisa kita jumpai penggunaannya pada perangkat Samsung Galaxy Tab 10.1 dan Acer Tab A200.

3. Adreno

Adreno adalah GPU yang dikembangkan oleh pabrikan ATI, anak perusahaan AMD. Adreno sendiri merupakan anagram dari Radeon (produk GPU dari ATI). Produk Adreno ini sudah ada beberapa versi mulai dari yang terendah sampai tercepat.

Adreno 200, Adreno 203, Adreno 205, Adreno 220, Adreno 225, Adreno 230, Adreno 302, Adreno 305, Adreno 320, Adreno 330, dan Adreno 420.

4. Mali

Mali ini merupakan GPU yang dikembangkan oleh ARM. Tidak hanya untuk smartphone, GPU Mali ini juga sudah dipakai di beberapa perangkat elektronik lainnya, seperti HD TV dan game console (PlayStation 3). GPU Mali ini juga banyak dipakai di smartphone saat ini.

5. VideoCore Broadcome

GPU ini merupakan produk dari perusahaan Broadcome. Saat ini VideoCore Broadcome dikembangkan oleh pihak Alphamosaic Ltd. GPU ini memerlukan konsumsi daya yang rendah dan dikenal lebih fleksibel serta efisien.

Demikian informasi mengenai GPU dan macam-macamnya. Semoga bermanfaat.

About the author /


Post your comments