Aplikasi Go Busway: Jadwal Bus Sampai Terintegrasi Go-Jek

Transjakarta

CiriCara Tekno – PT Transportasi Jakarta berencana untuk meluncurkan sebuah aplikasi smartphone yang akan memudahkan para calon penumpang bus TransJakarta atau busway. Aplikasi tersebut akan diberinama Go Busway dan baru akan dirilis 3 bulan lagi. Fitur apa saja yang akan ada di aplikasi ini?

Menurut Dirut PT Transportasi Jakarta ANS Kosasih, aplikasi Go Busway tersebut akan mencakup jadwal keberangkatan dan kedatangan bus. Dengan Go Busway calon penumpang bisa tahu bus yang akan dinaikinya sedang berada di mana. Penumpang juga akan tahu tujuan bus tanpa harus bertanya ke petugas.

Untuk memaksimalkan aplikasi Go Busway, menurut Kosasih, nantinya semua armada bus transjakarta akan dipasangi alat GPS. Bagi armada bus yang tidak mengaktifkan alat GPS-nya maka armada tersebut akan dianggap tidak beroperasi.

Mengenai biaya pengadaan alat GPS, pihak PT Transportasi Jakarta siap menanggungnya. Dengan catatan, semua operator bus wajib menyalakan GPS selama beroperasi. Jika tidak dinyalakan, PT Transportasi Jakarta tidak akan membayar operator bus tersebut.

Dengan alat GPS yang terhubung dengan aplikasi Go Busway, maka calon penumpang bisa tahu posisi bus yang akan ditumpangi, lengkap dengan informasi tujuan atau jurusan bus tersebut. Jadi penumpang bisa memperkirakan sendiri waktu kedatangan busnya.

Tidak hanya jadwal dan posisi bus, nantinya aplikasi Go Busway juga akan terintegrasi dengan aplikasi Go-Jek. Jadi penumpang yang keluar halte bisa melanjutkan perjalanannya menggunakan layanan Go-Jek untuk sampai tempat tujuan atau bahkan depan rumah.

Nantinya Go-Jek akan menunggu di dekat jembatan setelah penumpang turun dari bus transjakarta. Dengan ini penumpang tidak perlu repot-repot mencari tukang ojek atau taksi di pinggir jalan.

Aplikasi Go Busway itu sendiri dibuat untuk menanggapi komplain-komplain dari penumpang bus transjakarta. Pasalnya pelayanan bus transjakarta saat ini masih dinilai belum maksimal. Penumpang masih harus menunggu lama dan tidak tahu pasti kapan busnya datang.

Sebenarnya dulu pihak PT Transportasi Jakarta sudah memasang sejumlah layar LCD yang menampilkan posisi bus real time di masing-masing halte. Namun seiring dengan waktu, layar LCD yang berada di halte-halte bus transjakarta itu sudah tidak menyala lagi, entah rusak atau memang sengaja dimatikan.

About the author /


Post your comments