Cara Aktifkan Fitur Undo Send Pada Gmail

Gmail

CiriCara Tekno – Sebagai salah satu penyedia jasa email gratis tentu sudah banyak yang memakai Gmail untuk mengirim email. Mungkin juga kamu adalah salah satu pengguna Gmail dalam berkirim pesan, file, atau lamaran pekerjaan melalui email.

Pernahkah kamu salah kirim email? Salah memasukkan alamat email atau ada isi email yang salah? Tentu hal ini akan sangat meresahkan. Apalagi jika email yang kita kirim tersebut adalah email yang sifatnya penting.

Ternyata, Gmail menyediakan sebuah fitur untuk mencegah salah kirim email tersebut. Fitur ini diberinama “Undo Send”. Mungkin di antara kalian sudah ada yang tahu fitur tersebut. Dengan mengaktifkan Undo Send, kita bisa membatalkan email yang sudah telanjur kita kirim.

Fitur Undo Send ini memang tersembunyi. Tidak heran jika masih ada di antara kita pengguna Gmail yang masih belum tahu fitur tersebut. Mau tahu cara mengaktifkan fitur “Undo Send” di Gmail? Simak tutorialnya berikut ini:

1. Masuk ke Gmail

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke Gmail dengan email pribadi kamu. Masukkan nama email dan juga passwordnya.

2. Pilih menu “Settings”

Setelah berhasil masuk ke Gmail, pilih menu “Settings” yang ada di dalam icon setting yang letaknya ada di pojok kanan atas. Klik dan pilih menu Settings.

Undo Send Settings

Klik untuk memperbesar

3. Undo Send

Setelah klik menu “Settings”, kamu akan dialihkan ke halaman lain (lihat gambar). Cari pilihan Undo Send yang letaknya ada di deretan tengah. Jika sudah ketemu, pilih atau centang “Enable Undo Send” untuk mengaktifkan fitur undo send.

Undo Send

Klik untuk memperbesar

Di bawah pilihan Enable Undo Send terdapat pilihan “Send Cancellation Period” dimana kamu bisa mengatur lamanya, mulai dari 5 detik sampai dengan 30 detik. Pilihan ini dimaksudkan untuk berapa lama kamu ingin mengatur penundaan pengiriman email tersebut sebelum akhirnya terkirim.

Kalau sudah selesai, jangan lupa klik “Save Changes” yang ada di paling bawah.

4. Muncul pesan “Undo”

Gmail

Klik untuk memperbesar

Setelah fitur undo send sudah diaktifkan, maka akan muncul pesan kecil “Your message has been sent. Undo View message”. Jika kamu ingin membatalkan pengiriman pesan, maka pilih atau klik “Undo” di pesan kecil tersebut. Otomatis pesan kamu akan batal dikirim dan kembali ke draft.

About the author /


Post your comments