Cara Atasi Memory Card Tidak Terbaca Ponsel

Memori Card

CiriCara Tekno – Memori card eksternal selalu menjadi andalan untuk menopang memori internal ponsel atau smartphone yang terbatas. Dengan menambahkan memori card, kapasitas penyimpanan ponsel jadi lebih besar dan bisa menyimpan file lebih banyak.

Namun seiring dengan usia ponsel, terkadang kita mendapati memori card kita tidak bisa terbaca. Hal ini tentu menjadi salah satu masalah yang mengganggu. Apalagi jika memori card tersebut kita pakai untuk menyimpan data-data penting.

Lalu adakah cara untuk mengatasi masalah tersebut? Berikut ada cara yang petut dicoba:

1. Copy Data dan Format Memori

Jika memori card tidak terbaca ponsel karena system error, kamu bisa pakai cara ini. Lepas memori card dari ponsel dan pasangkan ke card reader untuk disambungkan ke komputer. Copy semua data memori card ke komputer, kemudian format memori card.

Setelah diformat, pindah kembali data-data yang tadi dicopy ke memori card. Setelah selesai, pasang kembali memori card ke ponsel. Dengan begitu memori card akan kembali terbaca. Tapi ingat, saat melepas memori card pastikan kamu sudah pilih mode aman agar tidak rusak.

2. Aplikasi MMCpwd.sls.

Memori card kamu terkunci dan tidak terbaca karena lupa password? Kamu bisa pakai aplikasi MMCpwd.sls untuk membukanya. Atau kamu bisa masuk ke C:systemMMCstore.ini atau dibaca mmcstore.ini dengan notepad.

3. Pasang anti virus

Memori card tidak terbaca bisa disebabkan oleh adanya virus. Untuk mengatasinya, kamu bisa memasang anti virus ke ponsel, lalu kemudian melakukan scan virus. Tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak anti virus yang dapat diunduh secara gratis. Salah satunya AVG.

4. Memori card rusak

Jika cara-cara di atas tetap tidak membuahkan hasil, itu artinya memori card Anda sudah rusak. Penyebab rusaknya memori card ini bisa karena faktor usia pemakaian dan juga kebiasaan cabut pasang dengan cara yang salah. Panas dari ponsel juga bisa menyebabkan memori card cepat rusak. Jika sudah rusak, itu artinya Anda harus beli yang baru.

Agar memori card kamu tetap aman, selalu cabut dengan mode aman. Jangan asal cabut saja karena bisa merusak memori card dan juga ponsel kamu. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

About the author /


Post your comments