Cara Memindahkan Data dari Komputer ke Android Tanpa Kabel Data

Portal

CiriCara Tekno – Cara apa yang Anda gunakan untuk memindahkan data dari komputer atau PC ke smartphone Android? Mungkin kebanyakan orang akan menjawab menggunakan kabel data. Tapi bagaimana jika kita lupa tidak membawa kabel data tersebut?

Tidak perlu bingung karena sebenarnya ada cara lain untuk mentransfer data dari komputer ke smartphone Android tanpa harus memakai kabel data. Cara yang dimaksud adalah memakai aplikasi bernama “Portal” yang sudah tersedia di Google Play Store gratis.

Dengan menggunakan Portal, Anda tidak perlu repot-repot mencari dan memasangkan kabel data dari komputer ke smartphone. Karena aplikasi Portal ini akan membantu Anda memindahkan data komputer ke Android melalui jaringan WiFi Lokal.

Menurut pihak developer, karena menggunakan jaringan WiFi lokal proses pemindahan data melalui Portal akan tetap stabil meski data yang ditransfer mencapai ratusan sekaligus. Dengan Portal, Anda pun tidak perlu takut akan kehabisan data internet karena aplikasi ini hanya menggunakan jaringan WiFi lokal yang tidak akan menguras kuota internet.

Selain kelebihan tersebut, transfer data melalui Portal ini juga tidak memakan waktu yang lama. Misalnya untuk mentransfer data gambar sebesar 2 MB saja bisa berlangsung kurang dari lima detik. Tapi, pastikan dulu memori di smartphone Android Anda masih cukup.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi Portal tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Install Aplikasi di Smartphone

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstall aplikasi Portal di smartphone. Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store. Masukkan kata kunci di kolom search “Portal – WiFi file transfers.” Install dan tunggu sampai selesai terinstall.

2. Buka Situs Portal

Setelah selesai menginstall di Android, selanjutnya buka situs Portal menggunakan komputer atau laptop yang akan dipakai untuk mentransfer data. Kunjungi laman portal.pushbullet.com. Kemudian kamu buka aplikasi Portal yang sudah ada di smartphone.

Laman di layar komputer akan menampilkan QR code. Nah, pindai kode tersebut dengan aplikasi Portal yang ada di smartphone. Dengan demikian akan muncul pemberitahuan bahwa smartphone dan komputer kamu sudah terhubung.

3. Drag File

Sekarang kamu tinggal drag file ke situs Portal tersebut. Seketika file yang dimasukkan ke situs Portal itu akan secara otomatis masuk juga ke smartphone. Hebatnya, aplikasi ini bisa langsung mentransfer ratusan file sekaligus. Jadi bisa menghemat waktu.

Bagaimana mudah bukan?

About the author /


Related Articles

Post your comments