Cara Mencegah Kecanduan Smartphone

Kecanduan Smartphone

CiriCara Tekno – Penggunaan smartphone dalam aktivitas sehari-hari itu sudah menjadi hal yang biasa. Tidak heran jika banyak pengguna smartphone yang tidak sadar kalau dirinya telah mengalami kecanduan smartphone. Apakah Anda termasuk?

Kebanyakan orang akan beralasan tidak bisa lepas dari smartphone karena urusan pekerjaan. Padahal jika ditelusuri lebih dalam lagi pekerjaan yang bisa diselesaikan melalui smartphone itu hanya sebagian kecil saja.

Jika Anda selalu merasa resah atau merasa ada yang kurang saat tidak membawa smartphone, itu artinya Anda sudah mulai kecanduan. Apalagi jika smartphone ini sudah buat Anda lupa dengan aktivitas lainnya, sudah jelas kalau Anda kecanduan.

Tidak mau kecanduan smartphone? Berikut ada cara untuk mencegahnya:

1. Kurangi waktu pemakaian smartphone

Kecanduan smartphone ini bisa terjadi karena Anda terlalu sering memakainya dan akhirnya jadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan. Untuk itu, cobalah untuk mengurangi waktu pemakaian smartphone. Minimal, saat Anda bersama keluarga jauhkan smartphone dari sekitar Anda dan cobalah untuk menikmati waktu bersama keluarga tanpa gangguan smartphone.

2. Lakukan kegiatan lain

Kita sering memakai smartphone saat waktu luang. Nah, mulai sekarang cobalah untuk melakukan kegiatan lain yang lebih berguna selain memegang smartphone untuk bermedia sosial. Manfaatkan waktu luang untuk kegiatan lain agar Anda tidak kecanduan smartphone.

3. Jangan jadikan alarm

Mulai sekarang jangan jadikan smartphone Anda sebagai alarm. Kenapa? Karena kebanyakan orang akan langsung mengutak-atik smartphone setelah mematikan atau menyalakan alarm di smartphone. Akibatnya, Anda tidak akan bisa lepas dari smartphone.

4. Komitmen

Jika Anda ingin lepas dari kecanduan smartphone, maka buatlah komitmen sehari tanpa smartphone. Kalau sudah terbiasa, lama kelamaan Anda pun akan terlepas dari kecanduan smartphone ini.

Smartphone memang merupakan salah satu perangkat elektronik yang sangat membantu dalam kehidupan. Tapi, Anda juga tidak boleh terus bergantung pada smartphone terlalu sering.

About the author /


Related Articles

Post your comments