Cara Mengganti Tema BBM di Android

Tema BBM 1

CiriCara Tekno – Aplikasi chatting BlackBerry Messenger atau biasa disebut BBM ini memang masih menjadi primadona para pengguna smartphone. Tidak hanya smartphone BlackBerry, smartphone berbasis iOS dan Android pun sudah banyak yang menggunakan BBM.

Meskipun demikian, BBM Android ini tetap memiliki perbedaan dengan BBM di BlackBerry. Dimana pengguna BBM BlackBerry bisa dengan mudah mengubah tema BBM-nya. Lalu bagaimana dengan BBM Android?

Sejatinya tema di BBM Android itu hanya putih dan biru saja. Namun kamu jangan khawatir, hal tersebut bisa diakali dengan trik berikut ini:

1. Hapus aplikasi BBM yang sudah ada. Tapi sebelum dihapus, pastikan kamu masih ingat email dan password BBM kamu agar tidak perlu membuat yang baru.

2. Download master BBM yang sudah dimodif. Kamu bisa mencarinya sendiri di Google.

3. Download aplikasi editornya untuk mengganti tema pada BBM kamu.

4. Jika kamu melakukan modifikasi melalui komputer atau laptop, pastikan sudah terdapat aplikasi WinRar di komputer kamu.

5. Siapkan 3 gambar yang ingin dijadikan tema BBM. Tapi ingat, format gambar yang kamu pilih harus PNG dan sesuai dengan resolusi layar smartphone kamu agar tema yang didapat sempurna. Agar tidak bingung, kamu bisa mengganti nama 3 gambar tersebut, menjadi “back_chat.png”, “back_main.png”, dan “back_slide.png”.

Selain menggunakan komputer, kamu juga bisa melakukan modifikasi langsung melalui smartphone kamu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Download master BBM yang sudah dimodif dan Editor Apk seperti cara di atas. Simpan pada SD Card.

2. Buka aplikasi editor tadi, kemudian jalankan master Aplikasi BBM Modif.

3. Pilih folder “drawable”. Nanti kamu akan menemukan gambar dengan nama “back_chat.png”, “back_main.png”, dan “back_slide.png”. Nah, ketiga gambar tersebutlah yang akan kita ganti dengan gambar kita sendiri. Ingat! Format harus PNG.

4. Untuk mengganti gambar, tekan dan tahan, lalu akan muncul menu “replace”. Nah, kamu bisa pilih menu tersebut untuk me-replace ketiga gambar tadi satu persatu.

5. Setelah selesai, keluar dari folder tersebut hingga kembali ke lokasi file Apk BBM Modif tadi. Pada aplikasi BBM tersebut tekan dan tahan hingga muncul menu “optimize&sign”, kemudian pilih dan tunggu sampai selesai. Jika muncul Apk.Bak, biarkan saja. Kemudian install aplikasi BBM tersebut.

6. Setelah selesai di-install, kamu bisa langsung log-in ke BBM dengan email dan password yang sudah kamu buat sebelumnya. Taraa! Tampilan BBM kamu jadi berubah sesuai dengan keinginan kamu.

*Catatan: untuk mengganti tema yang lainnya, kamu harus menghapus dan melakukan cara yang sama dari awal. Sebelum melakukan langkah-langkah tersebut, ada baiknya ponsel Android kamu di-root terlebih dahulu.

About the author /


Related Articles

Post your comments