Cara Menguatkan Sinyal WiFi

Sinyal WiFi

CiriCara Tekno – Saat ini penggunaan internet nirkabel atau wireless/WiFi sudah sangat populer. Tanpa harus menyambungkan kabel LAN, kita bisa langsung berselancar di dunia maya hanya dengan menggunakan sinyal WiFi.

Namun demikian, internet nirkabel ini bukan tanpa kendala. Pasalnya sinyal WiFi sering kecil dan bahkan tidak bisa dideteksi oleh perangkat smartphone atau komputer/laptop. Adakah cara untuk mengatasi masalah tersebut?

Berikut beberapa cara untuk menguatkan sinyal WiFi:

1. Kaleng bekas

Sinyal WiFi kecil mungkin karena tidak fokus. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan kaleng bekas minuman/panci/alumunium foil untuk memfokuskan sinyal WiFi pada satu titik. Caranya gunting kaleng bekas minuman tersebut menjadi seperti huruf ā€œuā€ dan letakkan di pemancar sinyal atau antena WiFi. Cara ini berguna untuk mencegah agar sinyal WiFi yang menggunakan perantara angin tidak menyebar ke mana-mana.

2. WiFi Repeater

Tidak mau repot membuat penguat sinyal dari kaleng? Kamu bisa memakai WiFi Repeater. Alat ini berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi, lalu kemudian kembali memancarkannya dengan lebih kuat. WiFi Repeater ini sudah banyak dijual di pasaran.

3. Jauhkan dari alat elektronik lain

Sinyal WiFi bisa terganggu jika terlalu dekat dengan router lainnya. Tidak hanya router lain, alat elektronik seperti microwave juga bisa menyebabkan sinyal WiFi melemah. Untuk itu, pastikan tidak ada alat elektronik di sekitar router kamu.

4. Pilih lokasi yang strategis

Lokasi atau tempat peletakkan router juga berpengaruh pada kualitas sinyal WiFi. Usahakan router kamu diletakkan di tempat yang strategis dan tidak ada penghalang seperti tembok atau besi yang bisa menghambat sinyal.

5. Pilih channel yang kosong

Di tempat kamu banyak yang pakai WiFi? Mungkin ini penyebabkan sinyal WiFi kamu lemah. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan aplikasi inSSIDer. Aplikasi ini bisa dipakai untuk melihat channel mana saja yang kosong. Perlu kamu tahu, memakai WiFi dalam satu channel yang sama dengan WiFi orang lain akan membuat kualitas sinyalnya menurun.

6. Sistem keamanan

Internet kamu lemot mungkin bukan karena sinyal WiFi yang lemah. Kemungkinan ada orang lain yang diam-diam menggunakan fasilitas WiFi kamu. Untuk mencegahnya kamu bisa memperkuat sistem keamanannya dengan cara menggunakan password yang rumit dan gunakan enkripsi WPA2 agar lebih aman.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan atau menguatkan sinyal WiFi yang bisa kamu coba. Semoga berhasil!!

About the author /


Post your comments