Cegah Kecelakaan, Samsung Buat Truk “Tembus Pandang”

Samsung Safety Truck

CiriCara Tekno – Kebanyakan orang sering merasa kesal saat mengemudi di belakang truk besar yang jalannya lambat. Namun untuk mendahului atau menyalip truk itu tidak mudah dan butuh kewaspadaan dalam melihat kondisi jalan di sekitar.

Sering sembarangan saat menyalip truk besar menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan di jalan raya. Apalagi jika saat melintas di jalan yang lebarnya hanya muat untuk dua kendaraan saja.

Untuk mencegah kecelakaan akibat menyalip truk, Samsung Argentina punya inovasi baru yang mereka sebut dengan Safety Truck. Inovasi baru ini membuat truk seakan “tembus pandang” sehingga pengemudi yang ada di belakang truk bisa melihat kondisi jalan di depan truk tersebut.

Safety Truck itu sendiri adalah sebuah truk yang dipasangi kamera nirkabel di bagian depannya. Gambar yang ditangkap kamera tersebut disalurkan ke monitor yang terpasang di bagian belakang truk sehingga bisa dilihat pengemudi lain.

Monitor yang dipasang di belakang truk itu sendiri cukup besar karena terdiri dari gabungan 4 layar buatan Samsung. Jadi pengemudi yang berada di belakang truk bisa dengan mudah melihat kondisi jalan yang ada di depan truk.

Dengan Safety Truck itu Samsung berharap angka kecelakaan yang disebabkan karena menyalip truk bisa berkurang. Pengemudi bisa memperkirakan dengan tepat kapan harus menyalip truk tersebut karena bisa melihat dari layar.

Meskipun demikian Samsung masih belum memberikan kepastian kapan Safety Truk bisa diaplikasikan secara masal. Untuk saat ini, Samsung menjelaskan bahwa Safety Truck sedang diujicoba oleh lembaga pemerintah dan juga LSM untuk mempelajarinya lebih lanjut sebelum menerapkannya secara luas.

Ide Samsung menciptakan Safety Truck itu memang sangat menarik. Hal ini tentu akan sangat berguna untuk menjaga keamanan pengendara saat akan menyalip truk yang ada di depannya.

About the author /


Related Articles

Post your comments