Ciri Smartphone Android Terkena Malware

Android

CiriCara Tekno – Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android saat ini sudah semakin banyak. Peminat smartphone Android juga meningkat. Apalagi beberapa smartphone Android dipasarkan dengan harga yang relatif lebih murah dibanding lainnya.

Hal itu lah yang membuat smartphone Android jadi sasaran empuk para penyebar virus atau malware. Dimana malware ini sangat berbahaya, tidak hanya merusak smartphone tapi juga bisa mencuri data-data pengguna yang tersimpan di smartphone yang terkena malware itu.

Apakah kamu yakin smartphone Android kamu aman dari serangan malware? Ingat, malware ini tidak terlihat sehingga sulit diketahui, kecuali dengan melakukan scan anti malware di smartphone Android.

Langsung saja simak ciri-ciri smartphone Android yang dirasuki malware berikut ini:

1. Kuota internet boros

Tidak pernah pakai internet untuk download atau streaming tapi paket kuota internet kamu cepat habis? Kemungkinan smartphone kamu sudah dirasuki malware. Karena selain mencuri data, malware ini akan terus mengarahkan smartphone untuk mengakses situs-situs yang tidak jelas dengan sendirinya.

Beberapa malware bahkan ada yang bisa mengakses email korban. Dimana email korban akan secara otomatis mengirim pesan ke semua kontak yang ada. Email ini pun berisi pesan yang tidak jelas dan biasanya mengandung malware juga untuk menginfeksi perangkat lain.

2. Performa menurun

Smartphone kamu tiba-tiba melambat dan sering gagal membuka program atau aplikasi? Kemungkinan ini ulah malware. Biasanya malware yang sudah berhasil masuk ke smartphone akan terus terbuka di latar belakang smartphone (tanpa bisa dilihat). Hal ini tentu akan membuat performa smartphone menurun karena dipaksa bekerja “ekstra” secara terus menerus oleh malware yang telah menginfeksi.

3. Boros baterai

Karena malware akan terus terbuka tanpa sepengetahuan pengguna, tentu hal ini akan berpengaruh juga pada ketahanan baterai. Meski smartphone tergeletak tidak terpakai, tetap saja baterainya akan terkuras karena ada malware yang terus terbuka dan memaksa smartphone untuk terus bekerja sepanjang waktu.

Jika ciri-ciri di atas ada pada smartphone kamu, lebih baik segera install anti malware untuk melakukan scan malware. Karena masalah malware ini hanya bisa dideteksi dan dihilangkan dengan bantuan anti malware atau anti virus.

About the author /


Post your comments