Keuntungan “Fesbukan” Pakai Facebook Lite

Facebook Lite

CiriCara Tekno – Situs jejaring sosial Facebook kembali meluncurkan aplikasi terbarunya yang diberi nama Facebook Lite. Aplikasi FB Lite ini sudah resmi meluncur sejak Kamis (25/6/2015) kemarin dan sudah bisa diunduh di Google Play untuk para pengguna perangkat Android. Apa keuntungan pakai aplikasi Facebook Lite?

Facebook Lite memiliki desain yang minimalis. Berbeda dengan aplikasi Facebook versi orisinalnya, FB Lite ini lebih cepat dalam melakukan proses memposting status dan lebih ringan saat dijalankan di smartphone dengan spesifikasi minim. Desainnya masih menggunakan warna biru yang memang merupakan warna khas dari media sosial tersebut.

Selain update status yang lebih cepat, FB Lite juga memberikan pengalaman upload foto dengan cepat juga. Hal ini karena FB Lite akan secara otomatis mengkonversi foto yang diupload menjadi ukuran yang lebih kecil. Dari yang semula berukuran 1,15 Mb dikonversi menjadi 164 Kb.

Pengguna FB Lite juga mendapat keuntungan berupa hemat paket internet. Pasalnya data internet yang dipakai untuk mengakses FB Lite tersebut lebih kecil dibanding saat memakai aplikasi Facebook versi orisinal. Dengan FB Lite pengguna tidak perlu khawatir paket data internetnya akan cepat habis.

Bagi pengguna smartphone yang masih memakai jaringan 2G, FB Lite ini tetap mudah diakses dan tidak lemot. Hal ini karena FB Lite ini didesain minimalis dan hemat data internet. Tentunya akan lebih ringan saat diakses dengan 2G. Berbeda dengan aplikasi Facebook yang orisinil, tentu akan berat jika diakses pakai 2G.

Meski saat ini hadir dengan desain yang minimalis, FB Lite dipastikan akan terus mendapat tambahan fitur-fitur baru demi memberikan pengalaman yang hampir sama saat pakai aplikasi Facebook orisinil. Hal ini disampaikan Vijay Shankar, Product Manager Facebook Lite.

“Kami berupaya menampilkan fitur-fitur yang membuat pengalaman pengguna dengan saat menggunakan aplikasi Facebook yang orisinil tetap sama,” kata Vijay.

Namun demikian, FB Lite juga punya beberapa kekurangan. Di antaranya FB Lite tidak bisa melakukan unggah video, tidak seperti aplikasi Facebook yang orisinil. Alasan penghilangan fitur unggah video itu sendiri karena dinilai akan boros paket data. Hal ini tentu berlawanan dengan tujuan FB Lite yang ingin menyajikan media sosial dengan hemat data.

FB Lite itu sendiri sengaja diluncurkan di Indonesia karena penggunanya yang mencapai 73 juta orang. Dimana sekitar 70 persen di antaranya masih menggunakan smartphone dengan jaringan 2G. Karenanya Facebook meluncurkan FB Lite untuk memudahkan penggunanya. Saat ini FB Lite baru tersedia untuk Android.

Bagaimana, apakah kamu sudah mencoba aplikasi FB Lite?

About the author /


Post your comments