Perbedaan Jaringan 4G LTE dengan 3G

3G vs 4G

CiriCara Tekno – Belakangan ini kita sering mendengar istilah jaringan 4G LTE yang akan segera diluncurkan oleh sejumlah operator selular di Indonesia. Hingga saat ini masih dilakukan penataan frekuensi 1.800 MHz sebagai persiapan 4G.

Terkait dengan hal itu, mungkin Anda masih bertanya-tanya apa itu jaringan 4G LTE. Lalu apa bedanya jaringan 4G LTE dengan jaringan 3G? Apakah jaringan 4G LTE ini lebih baik dari jaringan 3G yang saat ini dipakai para operator seluler?

Sebelum membahas perbedaan 4G LTE dengan 3G, perlu kamu tahu bahwa ā€œGā€ itu adalah singkatan dari generasi. Artinya 4G adalah generasi keempat atau jaringan generasi keempat. 4G ini adalah jaringan generasi terbaru.

Berikut ada daftar perkembangan jaringan yang dibagi menjadi beberapa generasi:

– 1G: Original analog cellular for voice (AMPS, NMT, TACS) kecepatan 14.4 kbps
– 2G: Digital narrowband circuit data (TDMA, CDMA) kecepatan 9-14.4 kbps
– 2.5G: Packet data onto a 2G network (GPRS, EDGE) kecepatan 20-40 kbps
– 3G: Digital broadband packet data (CDMA, EV-DO, UMTS, EDGE) kecepatan 500-700 kbps
– 3.5G: Replacement for EDGE is HSPA kecepatan 1-3 Mbps and HSDPA kecepatan 7.2 Mbps
– 4G: Digital broadband packet data all IP (Wi-Fi, WIMAX, LTE) kecepatan 3-5 mbps

Berikut perbedaan 3G dengan 4G:

1. Jaringan 3G

Teknologi 3G atau teknologi jaringan generasi ketiga ini sudah kita rasakan manfaatnya dalam hal internet. Soal kecepatan, 3G ini memiliki kecepatan internet di atas EDGE (Enhanced Data for Global Evolution), 384 Kbps.

Selain untuk browsing, jaringan 3G ini juga bisa dipakai untuk video call atau video conference. Sementara untuk 3.5G kecepatannya di atas 3G, yakni mencapai 3.6 Mbps.

2. Jaringan 4G

Perbedaan 3G dengan 4G yang paling mencolok adalah pada kecepatan aksesnya. Dimana 3G hanya berkisar pada 384 Kbps, sementara 4G sudah mencapai 185 Mbps untuk download dan 41 Mbps untuk upload.

Dengan adanya jaringan 4G, akses internet diklaim jadi lebih cepat. Tentunya ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna smartphone yang suka berselancar di dunia maya.

Meskipun belum dikenalkan secara massal, sejumlah operator di Tanah Air sudah siap untuk memakai jaringan 4G LTE. Namun itu pun tidak semua daerah terjangkau jaringan 4G, di sejumlah daerah khususnya desa-desa jaringan 3G pun masih belum terjangkau.

About the author /


Related Articles

Post your comments