Syarat Komputer atau Laptop yang Bisa Pakai Windows 10

Windows 10

CiriCara Tekno – Microsoft dalam beberapa bulan ke depan akan segera merilis sistem operasi terbaru mereka, Windows 10. Meski belum dirilis secara resmi, Windows 10 kini sudah tersedia versi beta-test untuk publik atau tahap uji coba.

Pertanyaannya, apakah semua komputer atau laptop itu bisa menjalankan Windows 10? Mengingat tidak semua perangkat Windows mempunyai spesifikasi yang sama. Apakah perangkat kamu cocok untuk Windwows 10?

Buat kamu yang ingin mendapatkan Windows 10, sebaiknya pastikan dulu komputer atau laptop kamu sudah memenuhi syarat sebagai berikut:

1. Pakai OS Windows 7 ke atas

Syarat pertama untuk bisa menjalankan Windows 10 adalah perangkat kamu saat ini harus memakai Windows 7 atau Windows 8.1 original. Nantinya perangkat yang memakai OS tersebut akan mendapat pemberitahuan untuk update Windows 10 gratis.

Untuk mengecek OS Windows berapa yang dipakai komputer atau laptop kamu, silakan cek di sini.

2. Kecepatan prosesor minimal 1 GHz

Untuk bisa menjalankan Windows 10, minimal perangkat yang dipakai harus sudah dibekali prosesor dengan kecepatan 1 GHz ke atas. Jika ingin performa yang bagus, tentu harus dengan prosesor yang lebih cepat lagi.

3. Kapasitas RAM minimal

Selain kecepatan prosesor, perangkat juga harus memiliki RAM minimal 1 GB untuk prosesor 32-bit. Dan untuk prosesor 64-bit (terbaru) minimal RAM 2 GB. Kalau perangkat kamu tidak memiliki RAM seperti yang dimaksud, maka tidak bisa menjalankan Windows 10 dengan baik.

4. Kapasitas hard disk

Tidak hanya RAM, kapasitas hard disk juga berpengaruh pada bisa atau tidaknya menjalankan Windows 10. Untuk prosesor 32-bit, hard disk yang dibutuhkan minimal 16 GB. Sedangkan untuk prosesor 64-bit, hard disk yang dibutuhkan minimal 20 Gb.

5. Kartu grafis

Untuk bisa memakai Windows 10, perangkat juga harus sudah dilengkapi dengan kartu grafis minimal DirectX 9 dan tambahan driver WDDM 1.0. Kamu bisa mencari tahu lewat spesifikasi komputer atau laptop yang kamu pakai.

6. Resolusi layar

Tidak perlu mengkhawatirkan ukuran layar, karena yang disyaratkan oleh Microsoft untuk menjalankan Windows 10 adalah resolusi layar. Dimana perangkat yang bisa memakai Windows 10 itu minimal punya resolusi 800 x 600 piksel.

Bagaimana, apakah komputer atau laptop kamu memenuhi syarat-syarat di atas? Tapi sebelum kamu melakukan update, kamu harus tahu bahwa tidak semua aplikasi yang ada di Windows 7 atau 8.1 bisa berjalan juga di Windows 10. Jadi pikirkan dulu baik-baik sebelum update.

About the author /


Related Articles

Post your comments