Tips Membeli Gadget Agar Tak Terjebak Barang Palsu

Smartphone

CiriCara Tekno – Kebutuhan akan gadget saat ini sudah mulai meningkat. Tidak hanya di kota besar, di kampung-kampung pun sudah mulai mengenal yang namanya gadget. Bahkan gadget bisa dibilang sudah menjadi gaya hidup masyarakat.

Gadget yang umumnya dicari banyak orang adalah smartphone. Pilihan smartphone juga sudah semakin banyak dan beragam, mulai dari yang harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Mulai dari yang merek lokal sampai merek terkenal dunia pun semua ada di pasar Indonesia.

Namun demikian, kita tetap harus teliti saat memilih smartphone. Pasalnya banyak beredar gadget palsu yang bisa menipu konsumen. Untuk itu, simak tips berikut agar Anda tidak terjebak dengan gadget palsu:

1. Cek fisik

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa fisik smartphone tersebut. Kita patut curiga jika bobot smartphone yang akan dibeli terasa lebih ringan dibanding gadget lainnya. Hal ini memungkinkan bahwa komponen atau material smartphone tersebut sudah dioplos.

2. Cek harga

Jangan tergiur dengan penawaran harga smartphone murah. Lihat harga di beberapa toko lainnya, karena logikanya, tidak akan ada orang yang mau rugi. Jadi, kalau ada yang menawarkan smartphone murah dengan harga mencurigakan, jangan mudah tergiur. Bisa jadi gadget tersebut palsu atau barang hasil curian.

3. Cek kode produk

Cari kode produk produsen dan periksa daftar penjualan yang biasanya terletak pada baterai. Jika kodenya sudah sesuai, maka itu barang asli. Tapi jika kode produknya tidak sesuai, maka Anda harus waspada.

4. Cek fitur

Setelah fisik tidak ada yang mencurigakan, selanjutnya cek fitur smartphone. Lihat kualitas kamera, apakah sesuai dengan spesifikasi smartphone aslinya atau tidak. Jika ternyata kualitasnya lebih rendah dibanding yang aslinya, ini bisa jadi produk palsu.

5. Garansi

Beli smartphone di tempat resmi atau di toko online yang terpercaya. Cek juga garansi pada gadget yang akan kamu beli. Apakah smartphone tersebut memiliki garansi resmi pabrik atau toko yang menjual gadget tersebut. Jika ada garansi resmi pabrik, itu artinya gadget tersebut asli. Begitu pun sebaliknya.

Demikian tips membeli gadget agar tidak tertipu produk palsu. Semoga bermanfaat!

About the author /


Related Articles

Post your comments