Tips Pertolongan Pertama Ketika Smartphone Tercebur ke Air

Tercebur ke Air

CiriCara Tekno – Kejadian smartphone jatuh atau tercebur ke dalam air itu bisa terjadi sama siapa saja. Ada yang smartphone-nya jatuh ke dalam kolam renang, genangan air saat hujan, atau bahkan ke got saat kerja bakti.

Seperti diketahui, hampir di setiap kesempatan pasti kebanyakan orang selalu membawa smartphone-nya. Tidak peduli saat ke kolam renang atau pun ke kamar mandi sekali pun. Lalu bagaimana jika ternyata smartphone terjatuh ke dalam air?

Tidak usah panik, berikut ada beberapa tips melakukan pertolongan pertama ketika smartphone jatuh ke air supaya tidak rusak parah:

1. Ambil secepat mungkin

Meskipun smartphone kamu punya embel-embel “anti air” namun tetap saja tidak akan bisa bertahan lama kalau terus terendam di air. Untuk itu, ambil atau angkat secepat mungkin smartphone kamu dari dalam air. Hal ini mencegah air masuk lebih dalam ke komponen elektronik smartphone.

2. Lepas baterai

Segera lepas atau cabut baterai dari smartphone. Kenapa? Karena jika dibiarkan tetap terpasang, listrik yang ada pada baterai bisa menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek listrik yang bisa merusak komponen elektronik smartphone. Seperti diketahui, air ini bisa menghantarkan listrik.

Lalu, bagaimana dengan smartphone yang baterainya tidak bisa dilepas? Baca tips berikutnya.

3. Segera keringkan

Jika baterai tidak bisa dilepas, sebaiknya segera keringkan air yang ada di smartphone. Intinya, jangan sampai air tersebut masuk dan mengalir ke baterai dan menyebabkan arus pendek listrik. Bisa gunakan lap atau busa yang punya daya serap yang cepat.

4. Benamkan di beras/serbuk silika

Selain mengeringkan bagian luar, bagian dalam smartphone juga harus dikeringkan dahulu. Tapi jika tidak bisa dibongkar bagaimana? Kamu bisa memendamkannya ke beras atau serbuk/butiran silika yang biasa ditemukan di bungkus sepatu yang baru dibeli. Kedua bahan tersebut dianggap sangat ampuh untuk menyerap air dari dalam smartphone.

5. Diamkan seharian

Untuk memastikan semua air yang ada di smartphone sudah benar-benar kering, sebaiknya jangan nyalakan smartphone seharian. Bila perlu dijemur dahulu tapi jangan terlalu lama karena bisa merusak smartphone.

Nah, sekarang tinggal nyalakan smartphone kamu. Jika smartphone kamu masih bisa hidup dan berfungsi normal, berarti kamu berhasil melakukan pertolongan pertama. Tapi jika ternyata smartphone kamu tidak kunjung hidup, lebih baik bawa ke service center untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut dari ahlinya.

About the author /


Related Articles

Post your comments