Tips Terhindar Dari Penyadapan

Penyadapan

CiriCara Tekno – Siapa saja bisa jadi korban penyadapan orang lain. Apalagi jika Anda merupakan salah satu orang terpandang di pemerintahan atau mungkin juga di perusahaan. Ditambah, penjualan alat sadap ini sudah sangat bebas di Indonesia, baik online maupun langsung.

Lalu, ada tidak sih cara untuk menghindari penyadapan tersebut? Kepala Balai Ipteknet Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Irwan Rawal Husdi, punya beberapa tips untuk menghindari penyadap tersebut.

Pertama, kata Irwan, Anda harus melakukan pengecekan di lingkungan rumah atau kantor. Periksa semua tempat-tempat yang mencurigakan dan segera amankan benda yang dicurigai sebagai alat sadap. Lakukan pemeriksaan secara rutin agar tetap aman.

“Intinya, pengecekan soal keamanan fisik,” kata Irwan.

Lalu bagaimana jika pelaku memasang alat sadap yang sangat kecil dan sulit terlihat mata? Irwan punya tips kedua. Dimana Anda bisa memanfaatkan klasifikasi sandi digital. Data diberi tambahan kode algoritma enkripsi sebelum pesan dikirim.

Dengan tips kedua tersebut, menurut Irwan, pesan yang Anda kirim akan sulit disadap oleh orang lain karena sudah diamankan dengan kode algoritma enkripsi. Si penyadap tentu akan kesulitan membokar kode tersebut, sehingga pesan Anda akan aman dari penyadapan.

Tips kedua itu memang terbilang rumit. Apalagi bagi Anda yang kurang tahu mengenai hal semacam itu. Namun, menurut Irwan, tips tersebut adalah cara yang paling aman untuk terhindar dari penyadapan.

“Kalau kodenya tak terpecahkan, data aman,” ujar Irwan.

Bukan hanya presiden, pejabat, orang penting perusahaan, Anda pun bisa jadi korban penyadapan oleh orang yang tidak suka dengan Anda. Karenanya tidak ada salahnya jika kita berhati-hati, terutama Anda yang punya banyak musuh atau saingan.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk kita semua!

About the author /


Post your comments