Ubah TV Jadi Komputer Hanya dengan Asus Chromebit

Asus Chromebit

CiriCara Tekno – Asus yang berkolaborasi dengan Google berhasil membuat sebuah perangkat komputer berukuran kecil, bahkan bisa dimasukkan ke kantong atau saku pengguna. Dari segi desain, komputer yang diberi nama Chromebit ini mirip dengan flash disk USB.

Dalam pengoperasiannya, Asus Chromebit cukup dihubungkan ke monitor melalui port HDMI. Setelah tersambung maka monitor akan menampilkan menu seperti perangkat komputer pada umumnya. Hanya saja Asus Chromebit ini memakai sistem operasi Chrome OS dari Google.

Tidak hanya monitor komputer, Asus Chromebit juga bisa dihubungkan ke perangkat lain yang memiliki port HDMI, misalnya televisi. Cukup dengan menghubungkan Asus Chromebit melalui port HDMI, maka seketika televisi pengguna akan “disulap” jadi perangkat komputer.

Melalui fitur tersebut, Chromebit akan sangat berguna bagi mereka yang selalu ingin melakukan aktivitas komputasi tanpa harus membawa komputer atau laptop yang ukurannya tentu lebih besar dan bobotnya berat. Cukup bawa Chromebit lalu menghubungkannya ke TV, pengguna bisa mengecek email atau mengerjakan tugas mengetik.

Untuk menyimpan file, Google sudah menyiapkan sistem cloud untuk pengguna Chromebit. Dimana Google juga telah menerapkan beberapa program seperti Docs dan Sheets agar dapat disimpan di cloud dengan mudah. Jadi pengguna bisa mengedit kembali file yang sudah disimpan kapanpun mereka inginkan.

Lalu bagaimana dengan harganya? Asus Chromebit akan dibanderol dengan harga tidak lebih dari USD100 atau sekitar Rp 1 jutaan saja. Tentunya hal ini sangat terjangkau di kantong.

Asus Chromebook Flip

Ist

Selain Chromebit, Asus juga merilis laptop Chromebook Flip yang bisa menjadi tablet hanya dengan cara melipat keyboardnya ke belakang. Chromebook Flip ini diharapkan bisa jadi perangkat yang cocok untuk kalangan siswa dan juga pebisnis.

Asus Chromebook Flip ini sendiri dibanderol dengan harga USD 249 atau sekitar Rp 3 jutaan. Perangkat ini memiliki ketebalan hanya 15 mm dan sudah dibekali dengan fitur layar sentuh.

Bagaimana dengan kamu? Pilih PC stick Asus Chomebit atau notebook Asus Chromebook?

About the author /


Post your comments