Waktu Favorit untuk Internetan di Bulan Puasa

Internet Sahur

CiriCara Tekno – Umat muslim di Indonesia saat ini tengah menjalani ibadah puasa yang artinya mereka tidak makan dan minum mulai terbit fajar sampai terbenam matahari. Meskipun puasa makan dan minum, tapi tidak berarti puasa juga dalam hal internet.

Seperti yang disampaikan Indonesia Country Counsultant Google, Henky Prihatna, bulan puasa tidak menurunkan trafik pengguna internet. Malah, kata Henky, trafik pengguna internet di bulan Ramadan ini mengalami peningkatan sebesar 30 persen.

Menurut Henky, bulan puasa ini hanya menyebabkan pergeseran waktu penggunaan internet. Dimana waktu favorit penggunaan internet di bulan puasa ini bergeser ke dini hari atau waktu makan sahur. Sementara di siang hari trafiknya tetap naik namun hanya sedikit.

Penggunaan internet oleh masyarakat Indonesia meningkat secara signifikan hingga 153 persen di waktu menjelang sahur,” jelas Henky dalam acara pelucuran ajang Lebaran Belanja Online 2015 di Senayan City, Jakarta, Selasa kemarin.

Saat makan sahur memang banyak umat muslim yang mengakses internet untuk sekadar membuka media sosial sambil menunggu waktu salat subuh. Beberapa di antaranya juga ada yang memanfaatkan internet untuk membangunkan teman atau saudara yang jauh untuk makan sahur.

Tidak hanya trafik pengguna internet yang meningkat, menurut Henky, bulan Ramadan ini juga berpengaruh pada trafik transaksi online. Hal ini kemungkinan terjadi karena banyaknya pengguna internet yang melakukan transaksi online untuk membeli kebutuhan Ramadan.

“Untuk pantauan Google terhadap e-commerce sendiri, transaksi pada bulan Ramadan ini meningkat hingga 96 persen dibandingkan hari biasanya,” kata Henky.

Kenaikan transaksi online itu menurut Henky sudah terjadi sejak seminggu sebelum Ramadan. Guna memaksimalkan layanan online di bulan Ramadan, para e-commerce pun sudah mulai menggalakan belanja online mudah, nyaman, dan aman.

Dari sekian banyak pengguna internet di bulan puasa, mungkin kamu juga termasuk salah satu pengguna internet yang hobi internetan di waktu sahur.

About the author /


Related Articles

Post your comments