5 Aplikasi Android yang Sebaiknya Dihapus dari Ponsel

Aplikasi Android

CiriCara Tekno – Ponsel pintar atau smartphone Android memang mempunyai banyak sekali aplikasi untuk mendukung penggunaannya. Dengan aplikasi tersebut penggunaan smartphone Android jadi lebih mudah, lebih cepat, dan tentunya lebih praktis.

Namun demikian, tidak semua aplikasi itu bisa ditampung di smartphone Android. Apalagi kapasitas memori Android memang terbatas. Beberapa aplikasi di antaranya juga malah akan membuat kinerja smartphone Android jadi lambat alias lemot.

Berikut ada lima aplikasi yang sebaiknya dihapus dari smartphone Android, seperti yang dilansir Androidpit.com:

1. Facebook

Sebagai salah satu media sosial paling populer, tentu aplikasi Facebook jadi pilihan utama para pengguna Android. Namun ternyata, aplikasi Facebook ini hanya akan membebani smartphone Android kamu. Selain membutuhkan memori yang besar, aplikasi ini juga boros baterai. Dari pada download aplikasi Facebook, kamu bisa membuka Facebook melalui browser di Android secara langsung. Cara ini lebih hemat dan tidak akan membuat kinerja Android jadi lemot.

2. Aplikasi cuaca

Bagi sebagian orang aplikasi ramalan cuaca ini sangat penting agar bisa tahu kondisi cuaca. Namun demikian, aplikasi ini akan menguras baterai smartphone Android karena notifikasinya. Kuota internet kamu pun akan terus tersedot karena notifikasi tersebut. Daripada menggunakan aplikasi cuaca, kamu bisa mencari tahu ramalan cuaca melalui kolom pencarian Google di browser maupun menggunakan aplikasi Google Now yang lebih ringan.

3. Browser bawaan

Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan aplikasi browser seperti Chrome, Opera Mini, maupun UC Browser. Aplikasi ini dapat menjelajah secara cepat karena memiliki fitur bisa memperkecil tampilan web sehingga prosesnya lebih cepat dan hemat kuota internet. Karena tidak terpakai, tidak ada salahnya jika kamu menghapus browser bawaan Android. Dengan demikian ruang penyimpanan Android kamu jadi lebih “lega”.

4. Antivirus Gratis

Virus yang mengancam smartphone Android disebut-sebut semakin banyak dan beragam. Namun kamu tidak perlu khawatir dan terburu-buru menginstall antivirus. Karena sebenarnya Google juga telah memproteksi Android agar tidak mudah terkena virus. Daripada menginstall antivirus yang boros baterai dan juga kapasitas memori, lebih baik bijak dalam mendownload konten. Pilih konten resmi yang ada di Google Play Store agar terhindar dari virus.

5. Aplikasi pembersih

Aplikasi pembersih seperti CC Cleaner, Master Cleaner, dll sudah jadi pilihan utama pengguna Android untuk menghapus cache browser dan juga aplikasi agar memori tidak cepat penuh. Namun pada dasarnya kapasitas Android kamu juga jadi terpotong untuk menyimpan aplikasi pembersih tersebut. Daripada menginstall aplikasi pembersih, kamu bisa membersihkan cache secara manual melalui menu “Settings” dan “Aplikasi”. Dengan cara ini kamu bisa membersihkan cache dari aplikasi yang sudah tidak terpakai.

Bijaklah dalam memilih aplikasi untuk smartphone Android. Apalagi bagi kamu yang memiliki smartphone Android dengan memori terbatas. Semoga bermanfaat!

About the author /


Related Articles

Post your comments