5 Aplikasi Smartphone yang Wajib Ada untuk Mudik

Peta Mudik Metro TV

CiriCara Tekno – Tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman sudah menjadi agenda rutin tiap tahun. Ada yang mudik menggunakan kendaraan umum seperti pesawat, bus, atau kereta. Tapi, ada juga yang memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Bagi Anda yang ingin mudik, tidak ada salahnya mulai bersiap dari sekarang. Selain mempersiapkan kendaraan dan barang bawaan, Anda juga harus mempersiapkan smartphone. Karena smartphone ini juga bisa membantu Anda di perjalanan mudik nanti.

Berikut aplikasi smartphone yang wajib ada untuk mudik:

1. Aplikasi navigasi

Pastikan smartphone Anda sudah memiliki aplikasi navigasi agar tidak nyasar saat mudik, terutama buat Anda yang mudik dengan kendaraan pribadi untuk pertama kali. Aplikasi navigasi ini bisa berupa peta atau Maps dan GPS. Dengan aplikasi ini Anda akan mendapat informasi jalan yang harus dilalui untuk sampai ke tempat tujuan. Biasanya setiap smartphone sudah memiliki aplikasi tersebut, tapi perlu diaktifkan dulu sebelum bisa dipakai.

2. Aplikasi info lalu lintas

Mudik identik dengan kemacetan. Untuk mengetahui info kondisi lalu lintas di jalur mudik, Anda bisa mengunduh aplikasi di smartphone. Salah satu aplikasi yang menyediakan info lalu lintas seputar jalur mudik adalah iBOLZ NTMC TV. Aplikasi ini sudah tersedia untuk perangkat Android. Dengan aplikasi iBOLZ tersebut, Anda bisa tahu kondisi lalu lintas melalui kamera CCTV yang sudah dipasang di sejumlah titik rawan macet saat mudik. Anda juga bisa mengunduh aplikasi peta mudik Metro TV.

3. Aplikasi kesehatan dan keselamatan

Tidak ada yang tahu perjalanan mudik Anda akan berjalan lancar atau justru sebaliknya. Karena itu tidak ada salahnya jika Anda menginstal aplikasi Tips P3K. Aplikasi ini memberikan informasi seputar pertolongan pertama untuk orang lain atau diri sendiri, jika terjadi kecelakaan.

4. Aplikasi penghemat baterai

Baterai ponsel akan cepat habis jika dipakai terus menerus. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menginstal aplikasi hemat baterai seperti DU Battery Saver. Dengan aplikasi ini baterai smartphone bisa bertahan lebih lama mencapai 50 persen. Mencegah baterai habis di tengah jalan, Anda juga sebaiknya membawa power bank.

5. Aplikasi hiburan

Supaya perjalanan mudik Anda tidak membosankan karena terjebak macet berjam-jam, Anda bisa menginstal aplikasi hiburan. Misalnya, aplikasi media sosial, game, dan juga musik. Aplikasi ini bisa jadi pilihan tepat buat Anda yang mudik menggunakan kendaraan umum.

Bagaimana? Apakah aplikasi di atas sudah ada di smartphone Anda?

About the author /


Related Articles

Post your comments