Bahaya Terlalu Sering Menekan Tombol F5 (Refresh)

CiriCara Tekno – Hampir semua pengguna komputer sudah tahu fungsi dari tombol F5 pada keyboard. Ya, tombol tersebut sering kita gunakan untuk melakukan perintah Refresh dengan lebih praktis dan cepat dibanding harus berulang kali melakukan klik kanan lalu pilih menu Refresh secara terus menerus.

Menu Refresh dengan cara klik kanan

Menu Refresh dengan cara klik kanan

Kebanyakan kita melakukan Refresh dengan tujuan agar kinerja komputer atau laptop kita bisa lebih cepat. Padahal sejatinya Refresh tersebut bukan berfungsi untuk mempercepat kinerja komputer, tapi hanya untuk memperbarui tampilan dari desktop atau direktori yang dibuka.

Lalu kapan sebaiknya kita melakukan Refresh?

– Saat setelah menginstal aplikasi tapi icon-nya tidak muncul di desktop.
– Ada icon yang hilang atau tidak muncul karena cache tidak merespon.
– Ukuran wallpaper yang melebihi ukuran display.

Jika komputer Anda mengalami salah satu dari 3 hal di atas, itu artinya Anda perlu melakukan Refresh pada komputer. Itu pun tidak boleh dilakukan secara berulang-ulang hingga puluhan atau bahkan ratusan kali.

Namun karena kepraktisan dan kebiasaan menekan tombol F5, kita sering tidak sadar telah melakukan Refresh berkali-kali. Padahal hal ini bisa berdampak buruk pada kinerja CPU komputer. Dimana CPU Usage akan menjadi tinggi dan pada akhirnya bisa merusak CPU secara perlahan.

Masih tidak percaya? Anda bisa membuktikannya sendiri dengan cara berikut:

1. Buka Task Manager dengan menekan “CTRL + Alt + Del” lalu klik Start Task Manager, tunggu sampai menunya terbuka.

Task Manager

2. Setelah terbuka, sekarang klik atau pilih menu “Performance” yang ada di Task Manager. Perhatian berapa CPU Usage sebelum Anda melakukan refresh.

Task Manager

3. Sekarang coba lakukan Refresh berulangkali secara cepat dengan menekan tombol F5. Lihat, pasti CPU Usage akan terus meningkat seiring semakin seringnya Anda menekan tombol F5 untuk melakukan refresh.

Task Manager

Jika sudah tahu, sebaiknya mulai sekarang tinggalkan kebiasaan me-Refresh berulangkali dengan tombol F5. Cukup melakukan Refresh satu kali saja agar kinerja CPU tidak terlalu berat. Semoga bermanfaat.

About the author /


Post your comments