Bukti Ponsel Lebih Populer Dibanding Komputer

Internet Smartphone

CiriCara Tekno – Penggunaan internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini seiring dengan bertambahnya ilmu pengetahuan masyarakat tentang internet dan juga maraknya pengguna media sosial. Lalu perangkat apa yang paling banyak dipakai untuk mengakses internet? Apakah laptop atau ponsel pintar (smartphone)?

Kebanyakan masyarakat Indonesia ternyata lebih sering mengakses internet menggunakan smartphone dibanding komputer. Hal ini diungkapkan oleh Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami.

Menurut Veronica, sebanyak 75 persen masyarakat Indonesia lebih memilih menggunakan perangkat mobile (ponsel pintar atau smartphone) untuk mengakses internet. Hal ini juga lah yang mendorong Google Indonesia untuk memfokuskan diri pada pengguna perangkat smartphone.

“Makanya kami sebut mobile first. Sisanya baru mengakses (internet) melalui PC atau laptop,” kata Veronica di Jakarta bersamaan dengan peluncuran Google App Now Card edisi Ramadan pada Senin, 29 Juni 2015 lalu.

Veronica menilai peningkatan jumlah pengguna internet mobile ini dipengaruhi oleh banyaknya gempuran smartphone murah di pasar Indonesia. Bahkan saat ini banyak produsen smartphone yang memasarkan produknya dengan harga di bawah satu juta rupiah.

Namun demikian, Veronica menyayangkan pengguna internet mobile cenderung lebih sering memakai pencarian teks di Google ketimbang memakai aplikasi yang sudah diluncurkan Google Indonesia. Padahal aplikasi seperti Now Card atau Kartu Now dibuat untuk mempermudah pengguna internet mobile.

Untuk kedepannya, menurut Veronica, pihaknya akan terus memperkenalkan fitur-fitur terbaru dari Google App agar para pengguna smartphone meninggalkan cara lama dalam pencarian Google. “Aplikasi sudah menjadi fokus kami untuk menyentuh keseharian orang,” ujarnya.

Penggunaan internet melalui smartphone memang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Sementara untuk laptop atau komputer lebih sering dipakai untuk urusan pekerjaan atau kepentingan sekolah.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu termasuk tipe pengguna smartphone atau laptop?

About the author /


Related Articles

Post your comments